Waspadai Penyebab Osteomielitis yang Dapat Menyerang Anda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak akan ada akibat tanpa sebab, termasuk juga pada penyakit yang akan dibahas kali ini, yaitu osteomielitis. Menurut pengertiannya osteomielitis adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi pada tulang, infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Diketahui osteomielitis ini terbagi menjadi dua jenis yaitu akut dan kronis, pada oestomielitis akut umumnya terjadi pada bagian tulang panjang di daerah kaki, tulang punggung, dan lengan. Gejala yang timbul adalah nyeri tulang yang cenderung parah, demam, pembengkakan kelenjar getah bening,  timbulnya bengkak dan kemerahan pada area yang terinfeksi.

Jenis kedua yaitu osteomielitis kronis, dikatakan kronis karena infeksi tulang terjadi secara berulang. Pada kondisi ini gejala yang umumnya timbul adalah nyeri tulang, timbulnya bengkak pada area yang terinfeksi, merasakan lelah tanpa alasan, menggigil, berkeringat secara berlebihan, perubahan kulit, serta mengalirnya nanah dari saluran sinus dekat tulang yang terinfeksi.

Salah satu gejala penyakit ini adalah timbulnya bengkak pada daerh yang terinfeksi, diketahui karena adanya pembengkakan ini maka akan menekan dinding sebelah luar tulang yang kaku, adanya penekanan ini dapat membuat pembuluh darah di dalam sumsum tertekan dan menyebabkan kurangnya aliran darah ke tulang. Kurangnya pasokan darah yang memadai dapat mengakibatkan bagian tulang mati, selain itu infeksi yang menyebar bisa juga keluar dan membentuk abses di jringan lunak yang ada disekitarnya seperti, otot.

Salah satu penyebab timbulnya penyakit ini adalah karena terinfeksinya tulang akibat bakteri, selain itu ada juga beberapa penyebab lain yang melatarbelakangi penyakit ini, berikut adalah beberapa peyebabnya:

  • Staphylococcus aureus. Ini adalah jenis bakteri yang umumnya terdapat di kulit, namun pada saat kekebalan tubuh menurun bakteri ini malah justru dapat berbalik dan dapat menimbulkan osteomielitis. Bakteri ini dapat masuk melalui aliran darah dan menginfeksi tulang.
  • Penyebaran langsung. Terjadinya patah tulang terbuka selama pembedahan tulang atau dari benda yang tercemar yang menembus tulang dapat menjadi media organisme atau bakteri dapat memasuki tulang secara langsung.
  • Infeksi dari jaringan lunak di dekatnya. Mengalami kerusakan karena cedera, terapi penyinaran atau kanker, atau ulkus kulit yang disebabkan oleh diabetes, bida menimbulkan infeksi jaringan lunak. Infeksi pada jaringan lunak disekitar tulang ini umumnya menyebar ke tulang setelah beberapa hari atau minggu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY