Waspadai Sindrom Burnout di Tempat Kerja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dunia kerja memang memiliki banyak manfaat dan permasalahan yang mengikuti. Jika anda telah bekerja dalam waktu lama tentunya pernah merasakan kondisi dimana merasa stres, buntu dalam menyelesaikan pekerjaan, kehilangan energi psikis maupun fisik ketika bekerja. Atau bahkan anda pernah dalam keadaan dimana merasakan tekanan dari pekerjaan secara terus menerus dan membuat anda merasa kecewa, tidak berdaya dan merasa lelah.

Hal inilah yang akan membuat anda terkena sindrom burnout. Sindrom burnout ini diakibatkan oleh faktor-faktor dalam lingkungan kerja seperti beban kerja yang terlalu berat, kurang jelasnya hak dan tanggung jawab kerja, konflik peran ataupun kurangnya penghargaan dari atasan atas pencapaian disetiap target yang ditentukan.

Jika masalah ini dibiarkan secara terus menerus tanpa mencari solusi untuk mengatasinya, akan membuat kinerja anda menurun dan berakibat pada kualitas dan produktivitas kerja anda. Selain itu, anda juga akan kehilangan kepedulian terhadap lingkungan kerja baik rekan atau bahkan atasan anda. Hal ini akan membuat seseorang mengisolasi diri atau merasa benci dan terasingkan.

Burnout merupaan sebuah proses dan tidak hanya terjadi begitu saja, hal ini bersifat progresif dan terakumulasi dalam diri. Gejala berikut dapat mengindikasikan anda mengalami sindrom burnout  di tempat kerja.

  1. Hilang energi

Ketika bangun pagi anda akan merasa kurang energi, anda merasa lelah walaupun sebenarnya dalam kondisi sehat. Kondisi ini menunjukkan ketidakpuasan yang dimulai dalam pikiran yang menyebar ke tubuh.

  1. Kurang motivasi

Anda merasa tidak memiliki antusiasme dalam bekerja, dan cenderung kurang menyediakan diri untuk proyek-proyek baru.

  1. Merasa muak dan putus asa

Ini mungkin gejala yang paling merusak, karena akan membuat anda merasa harus meninggalkan pekerjaan, tetapi merasa tidak akan ada perusahaan yang menginginkan mereka dan mulai kehilangan akan harapan atas masa depan yang berdampak luas pada kehidupannya.

  1. Sulit tidur

Kegelisahan pikiran seringkali membuat sulit tidur. Dan hal ini tentunya akn mempengaruhi keseharian karena kurang tidur berpeluang membuat seseorang melakukan pekerjaan dengan kualitas yang buruk dan merasa tidak mampu karena kelelahan.

Cara mencegah sindrom burnout

  1. Mencari sisi positif dalam pekerjaan

Fokuslah pada hal yang anda sukai, dan pikirkan manfaat anda mengerjakan sesuatu bagi peruhaan yang anda tempati. Hal sederhanapun seperti semangat yang diberikan rekan kerja bisa menjadi hal yang positif.

  1. Berteman dengan rekan kerja

Usahakan untuk membangun pertemanan yang positif saling memberikan semangat dan dukungan emosional lainnya.

  1. Menjaga keseimbangan hidup

Cobalah menemukan kembali diri anda dari lingkungan sekitar, seperti keluarga dab teman-teman. Orang terdekat anda pasti lebih menghargai keberadaan anda ditengah-tengah mereka.

  1. Manfaatkan cuti

Cobalah istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan anda, ambil cuti dan pergilah berlibur untuk mengalihkan perhatian anda sejenak dari kesibukan dunia kerja. Gunakan waktu cuti untuk mengisi kembali tenanga serta menyegarkan pikiran.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here