Yang Harus Dilakukan Bila Telat Bangun Sahur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah banyak ibadah yang anda lakukan serta manfaat puasa juga sudah banyak anda rasakan sejauh ini. Lalu apa kabar dengan puasa anda hari ini? Apakah masih semangat untuk menjalani hingga hari terkahir dan menyambut hari raya idul fitri.

Membahas tentang kekuatan dan semangat anda menjalani puasa ramadhan mengingatkan kepada kebiasaan kebanyakan orang yang biasanya akan sangat semangat bila di awal puasa ramadhan tetapi di hari-hari terakhir puasa semangat sudah mulai kendor seperti malas sahur dan bahkan masjid menjadi sepi atau tak seramai minggu-minggu pertama datangnya bulan ramadhan.

Kendornya semangat saat bulan ramadhan juga ditandai dengan telat saat bangun sahur. Karena merasa lelah dengan kegiatan sehari-hari atau karena godaan yang semakin besar membuat anda merasa ingin lebih banyak tidur walaupun alarm sudah dibunyikan sehingga anda pun telat bangun sahur. Setelah telat anda pun bingung harus tetap makan sahur atau apa dulu yang harus dilakukan dengan waktu yang mendesak karena sebentar lagi imsak tiba.

Telat bangun sahur memang bagaikan akhir dari segalanya ketika anda sedang menjalani puasa ramadhan. Rasa khawatir pun tiba, apakah akan kuat seharian menjalani puasa tanpa makan sahur atau memustuskan untuk tidak puasa.

Jika anda memutuskan untuk menjalankan pilihan kedua yaitu tidak menjalankan puasa. Maka itu adalah pilihan yang sia- sia, anda pasti akan menyesal jika meninggalkan puasa walaupun hanya satu hari.

Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya setelah anda bangun telat. Tenangkan dulu pikiran anda dan kemudian lakukan beberapa hal yang memungkinkan tetapi tidak membuat anda terburu-buru.

Pertama, jika anda bangun telat misalnya 15 menit sebelum waktu imsak maka anda masih memiliki kesempatan untuk makan sahur tetapi jika imsak tinggal beberapa menit sebaiknya jangan memakan makanan berat, karena jika makan terburu-buru akan berdampak buruk pada sistem pencernaan tubuh.

Jika tergesa-gesa dan tidak bisa makan makanan berat, anda bisa mengantikannya dengan minum air putih atau buah-buahan yang tersedia di lemari atau kulkas. Insyaallah walaupun hanya dengan minum air putih atau makan buah puasa anda akan tetap berjalan lancar, yang terpenting dalam hal ini adalah niat. Jika anda sudah berniat pasti anda dapat menjalankan puasa hingga waktu berbuka tiba. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here