Yang Rentan Terkena Kencing Manis (diabetes)

Diabetes

SehatFresh.com – Kencing manis atau disebut juga Diabetes melitus (DM) tipe 2 adalah suatu penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada fungsi pankreas dalam memproduksi hormon insulin. Hormon insulin yang kurang akan mempengaruhi metabolisme gula dalam tubuh, akibatnya terjadi peningkatan kadar gula dalam darah.

Kebanyakan, diabetes tipe 2 ini disebabkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya aktifitas fisik seperti olahraga, bisa meningkatkan risiko terserang penyakit ini.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terserang diabetes tipe 2 :

  • Ras dan etnis

Di Amerika penduduk dengan ras Afriko-amerika, Asia-amerika, asal kepulauan Pasifik dan Hispanik menjadi penduduk dengan risiko tertinggi terserang diabetes.

  • Diabetes Gestasional

Wanita yang mempunyai diabetes pada masa kehamilan (diabetes gestasional) atau mempunyai riwayat melahirkan bayi yang beratnya mencapai 4 Kg rentan mengidap diabetes dikemudian hari.

  • Umur

Umur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

  • Riwayat kesehatan keluarga

Jika Anda mempunyai ayah atau saudara yang terkena diabetes, maka Anda mempunyai peluang lebih tinggi untuk terkena diabetes juga.

  • Berat lahir kurang

Seseorang yang dilahirkan dengan berat yang rendah (kurang dari 2,5 Kg) berisiko untuk terkena diabetes di kemudian hari.

Ada juga beberapa kondisi kesehatan yang dihubungkan dengan risiko diabetes :

  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), terjadinya ketidak seimbangan hormon yang mengakibatkan terganggunya proses ovulasi yang normal
  • Prediabetes, keadaan dimana kadar gula darah tinggi tetapi belum dikatakan sebagai diabetes. Orang dengan prediabetes tentunya mempunyai risiko untuk mengidap diabetes tipe 2. Jika kadar gula darah puasa Anda adalah 100 mg/dL – 125 mg/dL maka Anda berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2
  • Sindrom metabolik, kondisi kesehatan dimana ditemukan sesuatu yang abnormal yang berhubungan dengan metabolisme tubuh

                                                 risk factor diabetes

Untuk memastikan semua kondisi kesehatan Anda, Anda harus memeriksakan diri pada dokter. Penyakit diabetes tersebut sangat sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, sebelum semuanya terlanjur terjadi, kita harus melakukan pencegahan semenjak dini. Jika hasil pemeriksaan dokter menunjukan bahwa Anda dalam keadaan berisiko tinggi terkena diabetes, maka berkonsultasilah dengan dokter Anda dan minta saran untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Apalagi jika Anda dalam keadaan mengidap prediabetes, jika tidak diobati, keadaan ini akan semakin memburuk dan menjadikan Anda seorang pengidap diabetes tipe 2. Aktifitas fisik mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencegah terjadinya diabetes. Lakukan olahraga secara teratur dan dalam porsi yang cukup.

Sumber gambar : top10obattradisional.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here