Yoga, Kesehatan, Dan Kecantikan

SehatFresh.com – Yoga memiliki manfaat yang begitu besar bagi siapa saja yang rutin dan konsisten melakukannya. Latihan yang menggabungkan postur tubuh (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi ini telah terbukti bermanfaat untuk menyehatkan tubuh serta pikiran. Dari sisi kecantikan, yoga juga dipercaya dapat meremajakan kulit serta membuatnya tampak muda dan lebih bercahaya.

Ketika menilai tampilan fisik seseorang, wajah adalah yang pertama dilihat. Wajah juga bisa menjadi mencerminkan kesehatan seseorang. Orang yang sakit, penampilan wajahnya cenderung murung dan tidak cerah. Jika tubuh sehat, wajah akan memancarkan aura wajah yang sehat pula.

Ketegangan dan stres adalah dua faktor yang signifikan mempercepat proses penuaan. Jika Anda membandingkan dua orang pada usia yang sama, memiliki pekerjaan yang sama, dan mereka berada di lingkungan yang sama, Anda akan melihat perbedaan yang menakjubkan antara yang berlatih yoga dengan orang yang tidak melakukan yoga. Orang yang berlatih yoga akan terlihat lebih muda, dengan penampilan dan aura yang lebih sehat.

Yoga dikenal sebagai latihan yang populer untuk menenangkan pikiran dengan mengurangi stres. Saat seseorang mengalami stres maka produksi hormon kortisol meningkat, hormon ini diketahui dapat menyebabkan banyak masalah dan efeknya dapat langsung terlihat pada kulit, yaitu memicu produksi minyak berlebih sehingga menyebabkan kulit mudah berjerawat.

Bagaimana yoga mengurangsi stres? Gerakan-gerakan yoga ternyata bisa memperbaiki ketidaseimbangan sistem saraf. Saat seseorang mengalami stres, ada gangguan keseimbangan di area otak yang berisi neuron gamma amino-butyric acid (GABA). Yoga dapat meningkatkan aktivitas GABA sehingga gejala-gejala stres menjadi berkurang.

Ketika pikiran dan tubuh lebih rileks, kualitas tidur pun meningkat. Dalam tidur nyenyak, produksi hormon pertumbuhan pun menjadi lebih optimal. Hormon tersebut memiliki peranan dalam menyembuhkan dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh sehingga dapat memperlambat proses penuaan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan juga tetap terjaga.

Latihan pernapasan dan meditasi dalam yoga membantu melancarkan oksigen dalam darah. Komponen gerakan yoga juga membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam tubuh. Ini juga akan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik membantu tubuh menyerap nutrisi lebih maksimal. Karena itu, semua organ tubuh akan bekerja pada performa terbaiknya. Bila peredaran darah pada wajah lancar, kerutan yang ada di sekitar mata yang menjadi tanda penuaan juga akan perlahan menghilang, Dengan begitu, wajah akan tampak lebih berseri dan awet muda.

Tentu saja yoga bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan tampilan kulit. Para praktisi yoga percaya bahwa apa yang kita makan adalah refleksi dari diri sendiri, yang kemudian akan terwujud pada penampilan fisik. Latihan yoga yang benar harus disertai dengan diet yang tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal. Anda perlu menjaga kondisi tubuh dengan jenis makanan yang tepat sehingga pikiran dan kesehatan secara menyeluruah pun akan terjaga.

Sumber gambar : www.pastipinter.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY