Yuk Cari Tahu Gairah Seks Wanita Saat Haid!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak yang menilai wanita adalah makhluk yang misterius. Suasana hati wanita kerap berubah. Faktor hormon adalah pemicunya. Dan ini terkait dengan siklus menstruasi yang terus berjalan hampir sepanjang hidupnya. Siklus haid pula yang mempengaruhi kehidupan seksual wanita.

Berhubungan seks saat haid jelas sangat tidak dianjurkan. Kekhawatiran akibat tidak bisa melakukan hubungan seks sebagaimana mestinya memang wajar dialami oleh para wanita yang sedang ‘datang bulan’. Padahal, dikutip dari askmen.com, gairah seks wanita dalam periode ini justru lebih tinggi daripada biasanya.

Hal ini disebabkan oleh produksi hormon yang sedang gencar terjadi dalam tubuh. Sayangnya, hasrat mereka justru tak dapat disalurkan dengan maksimal karena pendarahan yang membuat seks tabu dilakukan.

Perubahan hormon dapat memungkinkan wanita untuk menjadi lebih mudah terangsang, kata Dr. Brett Worly, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Ohio State University.

“Organ panggul wanita bisa lebih sensitif karena aliran darah meningkat pada waktu itu,” Ujar Dr. Worly.

Walau gairah sedang memuncak, namun kondisi tubuh yang lemah seringkali menjadi penghalang. Keluarnya darah dalam jumlah besar jelas memberikan pengaruh besar pada stamina tubuh. Alhasil, kaum hawa lebih suka menunda hasrat mereka sampai ‘tamu’ mereka benar-benar pergi.

Tambah pula, rasa nyeri yang menghampiri saat haid. Sebuah penelitian di Italia menemukan, lebih dari 80% wanita muda melaporkan nyeri saat menstruasi. Sekitar satu dari tiga wanita mengalami rasa sakit yang begitu buruk sampai membuat mereka kehilangan waktu sosial atau kewajiban lainnya.

Analisa lain datang dari dr. Jane Minkin, profesor kebidanan dan ginekologi Yale University. Ia menyampaikan, ketika wanita berada pada siklus menstruasi, maka tingkat progesteron-nya naik-turun. Progesteron bertanggung jawab untuk menekan libido. Jadi, ketika lapisan rahim sedang berdarah, hormon ini juga berperan sehingga wanita menginginkan seks.

Inilah bagaimana siklus menstruasi mempengaruhi libido wanita. Suka atau tidak, sistem reproduksi wanita memungkinkan untuk dapat berkembang biak, yaitu melahirkan seorang bayi. Tidak heran, seorang wanita sangat bergairah ketika ia berovulasi. Ini terjadi sekitar hari keempat belas dari siklus menstruasi wanita, ketika telur dilepaskan ke tuba falopi dan siap untuk dibuahi.

Menurut sebuah penelitian lain di Kanada, wanita memikirkan lebih banyak fantasi seksual ketika mereka sedang berovulasi dibandingkan ketika mereka berada di periode siklus menstruasi lainnya. Ini dimungkinkan karena selama waktu itu otaknya mengirimkan sinyal untuk merangsang ovarium agar siap melepaskan sel telur. Kadar luteinizing hormone (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH) melonjak tinggi pada saat itu.

Penelitian lain menunjukkan, beberapa wanita bergairah tepat sebelum periode menstruasi mereka. Peningkatan gairah ini bisa jadi karena tubuh mempersiapkan diri untuk menstruasi. Pada saat ini, ujung saraf bisa terangsang yang mendorong keinginan dan gairah seks. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here