Alat Kelamin Sering Gatal, Apakah Pertanda Kutuan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda sering mengeluh gatal di alat kelamin? Maka berhati-hatilah karena bisa jadi anda kutuan atau ada kutu di area kemaluan anda. Gatal yang anda rasakan bisa menjadi pertanda adanya kutu pada kelamin jika disertai adanya bintik kecil di sekitar rambut kemaluan.

Kutu kemaluan ini memiliki ukuran sangat kecil sehingga sulit untuk dikenali atau dilihat. Mereka berukuran sekitar 1-2 mm dan memiliki warna kekuningan, abu-abu atau kadang coklat. Kutu kelamin ini akan melekat di pangkal rambut yang terkena kutu. Kutu kemaluan ini bahkan mampu bertelur dan akan menetas selama 6 sampai 10 hari. Jadi bisa dibayangkan betapa gatalnya jika kutu bertambah banyak.

Kutuan pada alat kelamin sebenarnya tidak terkait dengan kurangnya menjaga kebersihan atau berbeda dengan gangguan kelamin lainnya. Kutuan pada kelamin dapat terjadi karena perantara lain seperti adanya kontak fisik dekat antara orang yang terinfeksi. Karena kutu kemaluan ini tidak bisa terbang dan akan merangkak dari rambut ke rambut atau melompat. Cara paling mudah penyebaran kutu kemaluan adalah melalui hubngan seks vaginal, anal ataupun oral. Ciuman dan pelukan juga dapat menularkan kutu kemaluan. Saat berhubungan seks, meski anda menggunakan alat kontrasepsi tetap tidak mampu mencegah penularan kutu kemaluan ini. Penyebaran lainnya yaitu melalui handuk, pakaian, atau selimut mungkin saja terjadi namun sangat jarang.

Rasa gatal yang anda rasakan akibat kutu kemaluan akan semakin gatal saat malam hari. Karena saat malam hari kutu akan bergerak lebih aktif. Hal itu terjadi sebab malam hari kutu akan memakan darah manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Gatal yang anda rasakan bukan karena gigitan dari kutu, namun oleh reaksi alergi atau hipersensitivitas kulit terhadap air liur kutu yang terkena kulit sebelum kutu mengigit dan menghisap darah anda.

Akibat dari gigitan kutu biasnya akan membuat anda mersa gatal di selangkangan, dan menyebar ke perut, paha serta kaki. Bahkan rasa gatal juga dapat menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Jika anda merasakan tanda-tanda adanya kutu kemaluan di atas, ada baiknya segera mengunjungi rumah sakit atau puskesmas. Carilah layanan pengobatan genitourinari. Jika sudah, minta dokter atau perawat untuk segera melihat tanda kutu kemaluan pada anda, jika benar anda mengalami kutuan pada alat kelamin maka anda akan segera diberi penanganan yang tepat. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here