Asal Muasal Madu Hitam dan Manfaatnya untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Madu pahit murni atau madu hitam kini banyak diminati masyarakat untuk dikonsumsi. Pasalnya jenis minuman yang satu ini dipercaya memiliki banyak manfaat dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Lantas bagaimana sebenarnya asal muasal produksi madu hitam tersebut?

Seperti yang diketahui jika saat ini madu hitam paling banyak terdapat di hutan Kalimantan. Jenis madu ini dihasilkan dari pengolahan nektar, yang diproduksi lebah liar setelah mengambil dari pohon mahoni. Hal itulah yang membuat madu ini berwarna hitam dan berasa pahit.

Seiring berjalannya waktu, madu hitam telah banyak dijual dalam bentuk kemasan botol. Sama seperti madu yang lain, madu hitam ini juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi madu pahit secara rutin dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit di dalam tubuh.

Madu hitam membantu proses penyembuhan penyakit

Dengan kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya, madu hitam memiliki manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Seseorang cukup mengonsumsi madu hitam secara teratur 3 sendok sehari, guna memperoleh hasil yang optimal.

Madu hitam merupakan sumber antioksidan yang tinggi

Madu hitam juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi.  Antioksidan sangat baik dalam menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, hingga mencegah munculnya sel kanker di tubuh. Selain itu antioksdan juga mempunyai kandungan anti bakteri untuk mencegah masuknya virus.

Madu hitam dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Layaknya madu-madu yang lain, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Misalnya saja batuk, flu, hingga demam.

Madu hitam dapat menurunkan kadar gula darah

Rupanya madu hitam mempunyai kadar gula yang rendah, sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Rendahnya kadar gula tersebut karena madu ini dihasilkan dari lebah liar yang juga hidup di pohon mahoni. Alhasil rasanya yang pahit membuat madu hitam memiliki kadar gula rendah.

Madu hitam dapat meningkatkan stamina tubuh

Bagi seseorang yang sering mengalami lelah dalam aktivitas sehari-hari, maka cobalah untuk mengkonsumsi madu hitam. Salah satu manfaat madu hitam adalah mengembalikan stamina tubuh yang sudah terkuras sehari-hari.

Madu hitam dapat meredakan asam urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang muncul akibat pengkristalan lemak pada persendian tubuh. Guna meredakan gejala asam urat, seseorang dianjurkan untuk meminum madu hitam. Dengan kandungan nutrisinya, madu hitam sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Madu hitam dapat menurunkan kolesterol

Madu hitam sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol, karena dapat mengontrol tekanan darah. Jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, maka kadar kolesterol dalam tubuh perlahan-lahan akan mengalami penurunan.

Madu hitam dapat mengobati maag

Bagi seseorang yang mengalami penyakit maag, maka cobalah untuk mengkonsumsi madu hitam secara teratur. Rasa madu hitam yang pahit cukup ampuh untuk mengatasi sakit maag, sehingga bisa terhindar dari rasa perih pada lambung. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here