Berbahaya Mengonsumsi Pemanis Buatan saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi wanita hamil harus berhati-hatilah terhadap minuman dan makanan yang memiliki kandungan pemanis buatan. Pasalnya menurut beberapa penelitian, pemanis buatan memiliki bahaya yang bisa berbahaya untuk janin.

Seperti yang diketahui jika kini pemanis buatan telah banyak dijumpai, tidak hanya pada minuman namun juga makanan. Di satu sisi banyak ibu hamil yang mungkin saja tidak menyadari jika apa yang dikonsumsi adalah minuman atau makanan yang sudah tercampur pemanis buatan.

Terdapat pemanis buatan yang masih dianggap aman untuk dikonsumsi, namun ada pula yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi khususnya bagi ibu hamil. Pemanis buatan tersebut dapat menggangu kesehatan ibu hamil, termasuk janin yang berada di dalam kandungan.

Bisa memperparah morning sickness

Ketika awal kehamilan hingga trimester pertama, ibu hamil dianggap normal mengalami morning sickness yang disebabkan perubahan hormon. Hanya saja dengan mengkonsumsi banyak pemanis buatan rupanya dapat memperparah morning sickness.

Kandungan yang terdapat pada pemanis buatan Aspartam dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi ibu hamil dapat mengakibatkan gangguan lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan perut kembung hingga keracunan pada lambung.

Tentu saja situasi tersebut dapat mempengaruhi kondisi janin yang berada di dalam kandungan. Oleh karena itu disarankan bagi ibu hamil menghindari minuman atau makanan yang memiliki kandungan pemanis buatan.

Bisa mengakibatkan diare

Ibu hamil yang sedang dalam kondisi tidak baik, mengkonsumsi pemanis buatan dapat menegakibatkan diare. Penyakit diare yang diderita ibu hamil akan berdampak pada janin dalam kandungan. Hal itu disebabkan karena ibu yang diare akan mengalami kekurangan cairan, sehingga janin terkena dampak negatifnya.

Bisa menyebabkan risiko kecacatan janin

Hampir sama dengan MSG atau cuka, karena pemanis buatan bisa mengakibatkan bahaya untuk ibu hamil. Dalam berbagai penelitian di bidang kesehatan disebutkan jika mengkonsumsi pemanis buatan Sakarin saat kehamilan, bisa mengakibatkan risiko janin lahir dalam keadaan cacat.

Bisa menyebabkan gangguan ginjal

Pemanis buatan adalah zat yang dhasilkan dari berbagai senyawa kimia, kemudian diolah guna menghasilkan rasa manis. Saat seseorang khususnya ibu hamil mengkonsumsi pemanis buatan, maka secara tidak langsung dapat menyebabkan ginjal bekerja ekstra dalam memproses zat tersebut.

Kondisi itu tentu saja sangat tidak baik, khususnya bagi ibu hamil yang gemar menikmati pemanis buatan dalam jumlah banyak. Situasi akan semakin buruk jika ibu hamil jarang minum air putih. Akibat kerja ekstra yang harus dilakukan, menyebabkan ginjal mengalami gangguan.

Bisa menyebabkan kelahiran prematur

Siapa sangka jika pemanis buatan cukup berisiko untuk menyebabkan kenaikan tekanan darah ibu hamil. Dalam alur yang cukup serius, kondisi ini dapat memicu dampak negatif yang salah satunya adalah bayi lahir prematur. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here