Cara Mencegah Infeksi Bakteri Listeria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Demi menghindari akibat buruk dari infeksi bakteri yang berada di dalam makanan, Anda harus meningkatkan kewaspadaan pada saat memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi. Biasanya bakteri berbahaya bernama listeria monocytogenes yang beberapa waktu lalu ditemukan pada buah apel, ternyata tidak hanya terdapat pada buah apel.

Bakteri listeria juga bisa mengkontaminasi sayuran mentah, susu, salad, murni, daging, soft cheese, unggas, sauerkraut (kubis fermentasi) dan makanan laut. Selain itu, makanan siap saji juga bisa berpotensi mengakibatkan keracunan makanan akibat bakteri listeria.

Sumber penularan listeria monocytogene dapat terjadi mulai dari pemilihan makanan, pengolahan, hingga proses penyajian. Pada pemilihan makanan, proses penularan infeksi bakteri ini biasanya terjadi pada produk seperti susu mentah, susu yang proses pasteurisasinya kurang tepat, es krim, keju, sosis, sayuran mentah, dari daging mentah yang difermentasi, daging unggas mentah dan yang sudah dimasak dan semua jenis daging serta ikan mentah atau ikan asap.

Pada saat proses pengolahan, penularan infeksi listeria dapat terjadi jika menggunakan alat masak yang telah terkontaminasi bakteri listeria monocytogene. Bahkan, bayi baru lahir pun juga dapat langsung terinfeksi bakteri ini jika ibunya mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut selama masa kehamilan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebelum terinfeksi bakteri listeria, Anda dapat melakukan upaya pencegahan agar anda dan keluarga tidak terjangkit penyakit Listeriosis. Langkah pertama untuk melakukan pencegahan, anda bisa memulai pada makanan yang akan dimasak, dipanaskan atau disimpan, lakukan dengan benar dan pastikan aman dikonsumsi. Karena bakteri listeria dapat terbunuh pada temperatur 75 derajat celsius.

Jika Anda hendak mengonsumsi sayur dan buah segar, Anda harus mencucinya dengan air bersih yang mengalir sebelum dimakan, dipotong atau dimasak. Sebelum mengkonsumsi buah yang dikupas, Anda pun juga tetap harus mencucinya agar buah benar-benar steril dari bakteri listeria.

Selain itu, Anda juga dapat menggosok produk pertanian, misalnya mentimun, apel, dan melon dengan menggunakan sikat bersih sebelum disimpan, jangan lupa keringkan buah tersebut dengan kain bersih atau kertas.

Untuk pencegahan, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar terhindar dari infeksi bakteri listeria, di antaranya:

  1. Membilas bahan makanan mentah dengan air yang mengalir, seperti buah dan sayuran.
  2. Menggosok produk hasil pertanian, seperti mentimun, melon, dan apel dengan menggunakan sikat yang bersih sebelum disimpan. Jangan lupa keringkan dengan kain bersih atau kertas.
  3. Pada saat menyimpan, pisahkan daging mentah dari sayuran, makanan matang dan makanan siap saji.
  4. Cuci peralatan masak anda, seperti alat atau alas pemotong yang digunakan untuk memotong daging mentah, unggas, dan produk hewani lainnya, sebelum digunakan pada bahan makanan lain.
  5. Selalu cuci tangan anda menggunakan sabun sebelum mengolah atau memasak makanan dan saat akan mengkonsumsinya. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here