Ciri Kanker Serviks yang Jarang Disadari Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbicara mengenai penyakit kanker serviks, pasti terdengar mengerikan bagi para wanita. Kanker adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan. Berkembang dengan cepat, penderita kanker akan terus merasakan cobaan hidup hingga menghembuskan nafas terakhir.

Kanker yang sangat berisiko diderita wanita adalah kanker payudara, kanker rahim, dan kanker serviks. Dari ketiga macam itu, kanker serviks masih menjadi penyakit yang sering menghinggapi wanita-wanita di Indonesia.

Kanker serviks adalah penyakit yang umumnya menyerang bagian leher rahim, lebih tepatnya pada area atas organ intim wanita. Guna mendeteksi keberadaan kanker rahim, wanita biasanya disarankan untuk menjalani tes pap smear.

Namun tanpa menjalani tes pap smear, wanita dapat mendeteksi kanker serviks dengan memahami ciri-ciri yang biasanya muncul. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ciri-ciri kanker serviks yang jarang disadari wanita.

Wanita mengalami sakit ketika melakukan hubungan seksual

Ciri pertama yang dapat dirasakan wanita adalah organ intim akan terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual atau sesudah melakukan hubungan seksual. Tidak hanya merasakan sakit, beberapa kasus bahkan disertai pendarahan atau keluarnya nanah dari vagina.

Wanita mengalami keputihan yang tidak normal

Wanita apabila mengalami keputihan yang tidak normal, maka diusahakan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis. Pasalnya keputihan yang tidak normal dapat menjadi salah satu tanda dari kanker serviks.

Wanita mengalami sakit pada pinggul

Sakit di bagian pinggul yang muncul terus-menerus bisa menjadi salah satu ciri kanker serviks. Umumnya sakit pinggul akan dibarengi dengan bengkak pada kaki, sakit ketika buang air kecil, hingga pendarahan di organ intim.

Wanita mengalami keluarnya darah menstruasi yang berlebihan

Wanita yang tidak sedang melewati masa kehamilan dan dalam kondisi normal, umumnya akan mengalami menstruasi setiap bulan. Darah menstruasi biasanya akan keluar cukup banyak pada hari pertama sampai hari ketiga.

Namun jika wanita saat menstruasi mengalami keluarnya darah yang berlebihan selama berhari-hari, maka perlu diwaspadai. Beberapa ahli medis menyatakan jika darah menstruasi yang berlebihan menjadi salah satu ciri kanker serviks atau kanker rahim.

Wanita mengalami nafsu makan yang berkurang dan berat badan yang menurun

Ciri-ciri dari kanker serviks berikutnya adalah nafsu makan yang berkurang, sehingga berat badan mengalami penurunanan drastis. Tidak hanya itu, ciri-ciri adanya risiko kanker serviks juga bisa dibarengi dengan kesulitan membuang air kecil. Selain itu tanda lainnya adalah pendarahan yang spontan, termasuk munculnya bengkak pada paha.

Demikian beberapa ciri kanker serviks yang mungkin jarang disadari wanita. Agar wanita terhindar dari penyakit mematikan tersebut, maka pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya seperti mengonsumsi makanan sehat, pola istirahat yang teratur, menghindari minuman beralkohol, menghindari kebiasaan merokok, dan tidak bergonta-ganti pasangan. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here