Dampak dari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang menyukai rasa asin, terutama masyarakat yang tinggal di daerah Tegal dan sekitarnya. Pasti suka sekali makanan dengan rasa yang asin. Padahal ada dampak yang ditimbulkan dari terlalu banyak konsumsi garam.

Akibat Kelebihan Mengkonsumsi Garam

Ada beberapa hal yang bisa ditimbulkan karena terlalu banyak mengkonsumsi garam ialah sebagai berikut:

  • Perut Kembung

Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi garam biasanya akan mengalami perut kembung. Sebab garam dapat membuat terjadinya pembengkakan cairan tambahan tubuh atau edema. Cara mudah untuk mengatasinya ialah dengan mengurangi asupan garam di dalam tubuh. Anda bisa membiasakan diri untuk mengecek daftar label pada makanan sehingga bisa mengkontrol asupan garam.

  • Tekanan Darah Tinggi

Asupan garam yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat membuat adanya tekanan darah menyimpan cairan lebih lama di dalam tubuh, hal ini membuat kerja jantung lebih keras. Sehingga tekanan darah jadi tinggi.

  • Kemampuan Kognitif yang Semakin Menurun

Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi garam maka bisa membuat adanya penurunan kemampuan kognitif pada otak. Kemampuan seseorang untuk berpikir pun menjadi semakin lemah.

  • Rasa Haus yang Berlebihan

Apabila Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, maka bisa mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Itu lah sebabnya Anda akan selalu merasa haus setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam. Sehingga disarankan untuk meminum banyak air, sehingga memiliki keseimbangan cairan pada tubuh.

  • Batu Ginjal

Apabila terdapat keluhan batu ginjal, maka dapat disimpulkan bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi garam karena garam memang bisa mengganggu fungsi ginjal. Kebiasaan mengkonsumsi makanan asin atau makanan yang terlalu banyak mengandung garam dapat menyebabkan protein pada urine bisa lebih meningkat. Jumlah protein di dalam urine juga dapat menaikkan risiko penyakit ginjal.

  • Penyakit Maag

Salah satu penyebab mengapa seseorang terlalu sering mengalami maag juga dikarenakan asupan garam yang berlebihan.

  • Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler ialah penyakit yang dapat mempengaruhi kinerja jantung kita. Penyakit kardiovaskuler dapat membahayakan kesehatan. Penyakit kardiovaskuler terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlebihan.

Gangguan kesehatan seperti misalnya darah tinggi juga biasanya disarankan untuk mengurangi asupan garam sehingga dapat menurunkan terjadinya penyakit kardiovaskuler sebanyak prosentase 25% dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun. Asupan garam yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya gejala penyakit kardiovaskuler.

  • Penyebab Rambut Rontok

Terlalu banyak mengkonsumsi garam juga dapat mengakibatkan terjadinya kerontokan rambut atau pun gangguan rambut kusam dan kering.

Demikian informasi mengenai dampak terlalu banyak mengkonsumsi garam. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here