Kandungan Gizi Buah Blewah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah blewah adalah buah yang telah menjadi  favorit untuk bahan minuman pada saat bulan Ramadhan tiba. Buah blewah yang memiliki nama latin  Cucumis melo var centalupensis  yang masih berkerabat dengan buah melon. Buah ini mudah didapatkan di pasar tradisional, apalagi pada saat bulan ramadhan ini.

Bentuk buah blewah seperti buah labu dengan dagingnya yang berwarna oranye. Buah blewah selain dimanfaatkan sebagai bahan minuman saat berbuka puasa karena rasanya yang segar dengan tekstur daging yang lembut dan berserat, nutrisi dan gizinya baik untuk kesehatan. Blewah ternyata memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh.

Berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dipercaya dbermanfaat untuk menjaga fungsi otak, kesehatan tulang dan gigi. Buah blewah juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk meredakan masalah panas dalam seperti sakit tenggorokan, sulit BAB dan dapat menurunkan hipertensi. Kandungan gizi yang terdapat pada buah blewah adalah mineral kalium, provitamin A, serat makanan dan viamin C.

Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkkan daya tahn tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah dan untuk menyembuhkan sariawan. Manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah :

  1. Merawat kesehatan kulit

Selain vitamin A, buah blewah juga kaya akan vitamin C yang dimanfaatkan tubuh untuk membantu proses produksi kolagen, membantu penyembuhan luka dan flu, mencegah ppenuaan dini serta melindungi kulit dari radikal bebas.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang sangat banyakk pada buah blewah sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Anda dapat memilih jenis buah ini sebagai sumber vitamin A. Selain untuk menjaga kesehatan mata, buah blewah juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko terkena gangguan mata terkait penuaan.

  1. Mencegah sembelit

Buah blewah juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah blewah secara rutin dapat membantu anda untuk mencegah sembelit dan menurunkan berat badan dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan diabetes.

  1. Menurunkan tekanan darah

Buah ini juga dapat menjadi rekomendasi buah yang dapat menurubkan tensi darah anda. Namun, hanya jika anda mengalami masalah pada tekanan darah yaitu tekanan darah tinggi. Buah blewah mengandung kalium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh sehinggga otot-otot dapat berkontraksi dengan baik.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here