Kenapa Wanita Butuh Tidur Siang Lebih Lama Dibanding Pria?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah pernah terpikir oleh pembaca, kenapa wanita butuh tidur siang lebih lama dibandingkan pria? Tanggung jawab wanita dalam mengurus rumah tangga, rupanya cukup banyak menyita waktu dan tenaga. Hal itulah yang menjadi dasar bahwa wanita sebenarnya memerlukan waktu tidur siang yang lebih lama dibandingkan pria.

Selain tenaga yang sudah terkuras dalam aktivitas sehari-hari, wanita memerlukan waktu tidur siang yang lebih panjang karena terkait struktur otak yang dianggap lebih kompleks. Rupanya otak wanita terhubung dengan cara yang berbeda, sehingga kebutuhan tidur juga sedikit lebih lama.

Berapa waktu minimal wanita tidur siang?

Setidaknya wanita membutuhkan waktu minimal sekitar 60 menit untuk tidur siang. Namun agar bisa terhindar dari stres, maka wanita memerlukan waktu tidur yang lebih panjang lagi. Secara umum wanita membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam sehari.

Sementara untuk remaja putri waktu yang dibutuhkan untuk tidur dalam sehari semalam sekitar 9 jam sampai 10 jam. Semakin berkualitas tidur yang didapatkan wanita, maka semakin terhindar dari risiko mengidap gangguan psikologi.

Alasan wanita perlu tidur siang lebih lama dari pria

  1. Wanita memerlukan lebih banyak tidur dari pada pria, karena telah menghabiskan banyak energi untuk mengurus kebutuhan rumah tangga. Akibat wanita melakukan banyak tugas, maka membutuhkan cara untuk mengembalikan energi. Guna memulihkan energi tersebut, maka wanita tidur di siang hari.
  2. Wanita mengalami menopause. Tidak dipungkiri jika menopause dapat merusak kualitas tidur wanita di malam hari. Alhasil kondisi ini akan dilengkapi dengan memanfaatkan waktu siang untuk beristirahat.
  3. Wanita mengalami masalah menstruasi. Siklus menstruasi yang tidak wajar dapat juga mempengaruhi kualitas tidur wanita, akibat perubahan mood dan hormonal. Hal ini bisa disiasati dengan tidur di siang hari, guna memenuhi kebutuhan istirahat wanita.
  4. Wanita mengalami perubahan biologis. Rendahnya kualitas tidur bisa juga terjadi akibat perubahan biologis yang dialami wanita. Akibat kualitas tidur berkurang, maka wanita akan memanfaatkan waktu siang hari untuk beristirahat.
  5. Wanita mengalami depresi dan fibromyalgia. Kedua penyakit ini juga bisa mempengaruhi kualitas tidur wanita. Guna mengatasi kekurangan waktu tidur, maka wanita akan memanfaatkan situasi di siang hari untuk beristirahat.
  6. Wanita sedang menjalani masa kehamilan. Tentu saja kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas tidur wanita. Perubahan fisik dan emosional yang terjadi saat kehamilan dapat berdampak pada psikis wanita. Untuk itu wanita dianjurkan untuk banyak beristirahat, khususnya di siang hari.

Wanita mengalami penyakit tertentu. Menderita penyakit tertentu memang mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Penyakit tersebut seperti diabetes, hipertensi, jantung, hingga stoke. Alhasil dianjurkan bagi wanita yang mengalami hal demikian untuk beristirahat, khususnya di siang hari. Tujuannya agar kesehatan fisik tetap terpenuhi, sehingga stamina tubuh tetap terjaga. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here