Klasifikasi Transisi Masa Remaja Ke Dewasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja adalah masa yang ditandai dengan umur yang masih belasan, tidak dikategorikan anak-anak dan juga bukan kategori orang dewasa. Masa remaja bisa disebut sebagai peralihan dari anak-anak menuju ke dewasa.

Menurut psikologi remaja merupakan suatu periode transisi yang dimulai dari masa awal anak-ana hingga masa awal dewasa. Pada masa ini terjadi perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat badan dan tinggi yang dramatis, perubahan bentuk tubuh dan perkembangan karakteristik seksual.

Sedangkan masa dewasa adalah salah satu fase yang terjadi dalam kehidupan seseofang setelah mengalami masa remaja. Masa dewasa dapat dilihat dari sisi biologis, psikologis dan juga pedagonis atau moral-spiritual.

Pada masa transisi masa remaja menuju ke masa dewasa dapat dilihat dari beberapa klasifikasi. Klasifikasi transisi masa remaja ke dewasa meliputi:

  1. Transisi biologis

Transisi masa remaja ke dewasa pada aspek biologis akan terjadi penurunan atau perlambatan kondisi fisik. Hal itu bergantung pada kebiasaannya saat masa remaja, Jika pola hidupnya baik maka kesehatan tubuh juga akan baik. Sebaliknya jika gaya hidup kurang baik maka kondisi tubuh saat dewasa ada kemungkinan jelek, terjadinya kenaikan berat badan saat dewasa. Pada masa transisi biologis sebaiknya rajin berolahraga agar kesehatan tubuh terjaga.

  1. Transisi kognitif

Pada umumnya seorang remaja dan seorang dewasa memiliki cara berpikir yang sama. Namun saat remaja berhasil menuju ke dewasa akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari masa remaja. Kualitas produktifitas khususnya dalam hal kreatifitas juga sedang dalam puncaknya di masa dewasa.

  1. Transisi sosial

Menurut Papalia & Olds 2001, perkembangan sosial berarti perubahan dalam berhubungan dengan orang lain. Saat remaja perkembangan sosial memiliki andil besar yang bersumber dari orang sekitar. Remaja akan melibatkan kelompok temannya dibanding dengan orang tau, pengaruh lingkungan juga yang menentukan perilakunya. Saat mengalami transisi remaja ke dewasa seseorang biasanya sudah memiliki kemampuan atau nalar yang membuatnya berani memutuskan sesuatu oleh dirinya sendiri, kemampuan sosial membaik dan juga sudah lebih mandiri.

Itulah beberapa klasifikasi transisi yang terjadi dari masa remaja ke masa dewasa. Jadi banyak sekali faktor yang berperan dalam prose transisi tersebut. Tidak selalu berasal dari diri sendiri saja, namun lingkungan dan orang sekitar juga memperngaruhi proses transisi remaja menuju ke masa dewasa. Kemampuan yang anda dapat saat remaja akan berdampak pada apa yang akan ada kuasai saat dewasa nanti. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here