Kondisi yang Menyebabkan Lidah Mati Rasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Lidah yang mati rasa sangat sulit merasakan makanan. Lidah bisa mati rasa karena beberapa faktor. Lidah yang mati rasa tentunya sangat menyiksa penderitannya.

Faktor Penyebab Lidah Mati Rasa

Ada beberapa kondisi yang dapat membuat lidah mati rasa ialah sebagai berikut:

  • Keracunan Makanan atau Keracunan Obat

Semua zat beracun bisa ditemukan pada makanan tertentu seperti belut dan ikan sehingga dapat membuat lidah mati rasa dan kesemutan. Zat beracun juga bisa ditemukan di area hati kulit, dan indung telur  pada ikan.

  • Pascaoperasi Gigi atau Anestesi

Mati rasa bisa terjadi pada lidah, bibir, dan area mulut setelah adanya proses anestesi atau pascaoperasi gigi. Mati rasa pada lidah bisa terjadi karena adanya operasi gigi di saluran akar, implant, dan ekstraksi. Dokter gigi biasa memberi anestesi lokal, sebelum prosedur operasi dimulai, sehingga tidak merasa sakit. Anestesi dapat memberikan sensasi di area mulut yang membuat lidah menjadi mati rasa.

  • Paresthesia

Penyebab lidah mati rasa ialah parestesia. Saraf sensorik dapat berfungsi dalam mengontrol sensasi rasa pada lidah. Saraf bisa menegang atau paresthesia. Penegangan saraf sensorik yang mempengaruhi indera perasa ialah karena terjadi cedera.

  • Pembakaran Syndrome Mulut

Mati rasa di area lidah terjadi karena sindrom mulut terbakar. Sindrom mulut terbakar terjadi karena periode intermiten pembakaran di area gusi, bibir, dan area lidah. Penyebab sindrom mulut terbakar ialah karena ketidakseimbangan hormon atau kurangnya vitamin B12.

  • Stroke

Seorang laki-laki bisa menderita stroke dan sirkulasi darah yang terpotong di bagian otak sehingga membuat terjadinya mati rasa secara mendadak. Sel saraf di area otak yang tugasnya sebagai pengidentifikasi cenderung terganggu. Sehingga stroke dapat merusak bagian otak sehingga tidak bisa merasakan indera pengecapan.

  • Trauma

Lidah mati rasa bisa terjadi karena luka bakar atau luka di area lidah, khususnya di area atas papila. Papila membawa sel reseptor rasa untuk menyampaikan informasi pada bagian otak untuk menentukan rasa. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan, bisa menurunkan kemampuan untuk mencicipi makanan.

Lidah yang mengalami mati rasa bisa segera sembuh tanpa adanya pengobatan. Indera pengecapan bisa terjadi kerusakan seperti adanya kerusakan gusi, peningkatan usia, merokok penyalahgunaan alkohol, dan gigi palsu yang tidak sesuai.

  • Mengkonsumsi Obat

Mengkonsumsi obat dapat mengganggu membuat lidah menjadi mati rasa. Antibiotik bisa digunakan sebagai obat infeksi bakteri di area lidah sehingga membuat mati rasa.

  • Tumor

Jaringan yang tumbuh atau tumor dalam lidah dapat menerapkan tekanan pada beberapa saraf. Hal ini menyebabkan mati rasa, karena yang Anda mungkin kehilangan sensasi serta rasa pada suatu makanan.

Demikian informasi mengenai kondisi yang menyebabkan lidah mati rasa. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here