Makanan Wajib Dikonsumsi Pria yang Baru Menikah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tak sedikit pria yang baru menikah berkeinginan untuk segera mendapat momongan. Jika Anda salah satunya, perhatikanlah asupan makanan sehari-hari. Diet sehat sangat penting untuk perkembangan sperma. Kualitas sperma yang buruk merupakan salah satu alasan mengapa pasangan susah hamil. Sperma sangat rentan terhadap kerusakan radikal bebas yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang salah satu penyebabnya adalah pola makan yang buruk. Untuk meminimalisir kerusakan akibat radikal bebas ini, para pria yang baru menikah disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan-makanan berikut ini:

  1. Buah beri. Buah beri, seperti stroberi, rasberi, dan goji beri, mengandung kadar vitamin C tinggi. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan potensial yang dapat melindungi sperma dari efek buruk radikal bebas. Selain itu, dalam buah beri juga terkandung magnesium yang dibutuhkan untuk produksi testosterone (hormon seks pria) yang optimal.
  2. Tomat. Tomat sangat tinggi akan kandungan antioksidan likopen. Telah banyak peneliti yang mencari keterkaitan likopen dan kesuburan pria. Dan hasilnya ditemukan secara signifikan bahwa likopen dapat memperbaiki aktivitas, struktur, dan motilitas (kemampuan berenang) sperma.
  3. Bawang putih. Bawang putih mengandung allicin, yang salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke organ seksual dan melindungi sperma dari kerusakan. Tak hanya itu saja, kandungan selenium dalam bawang putih juga dapat meningkatkan motilitas sperma.
  4. Pisang. Banyak manfaat sehat yang diperoleh dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Terkait seksualitas pria, kandungan enzim bromelain-nya yang tinggi dapat membantu meningkatkan libido. Ditambah vitamin A, C, dan B1 di dalam pisang juga baik untuk meningkatkan kemampuan tubuh memproduksi sperma.
  5. Kenari. Kenari dapat jadi salah satu opsi camilan yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, rutin mengonsumsi kenari dapat membantu mendongkrak jumlah sperma dan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.
  6. Tiram. Tiram merupakan sumber zinc unggulan. Salah satu penyebab jumlah sperma rendah adalah pola makan kurang zinc. Ya, zinc merupakan nutrisi yang sangat berperan dalam produksi sperma. Untuk pria yang baru menikah, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi zinc.
  7. Ginseng. Ginseng telah lama dikenal memiliki manfaat afrodisiak (meningkatkan libido), dan bahkan telah banyak digunakan mengobati masalah infertilitas. Minum teh ginseng dipercaya dapat meningkatkan kadar testosterone, meningkatkan aliran darah ke alat kelamin, dan mengatasi disfungsi ereksi.
  8. Cokelat hitam. Cokelat hitam dengan padatan kakao lebih dari 60% sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk melawan efek buruk radikal bebas dan meningkatkan performa seksual. Kandungan asam amino dalam cokelat hitam juga dapat meningkatkan volume sperma.
  9. Lentil. Lentil termasuk jajaran atas makanan yang tinggi folat. Nutrisi ini tak hanya berperan untuk kesuburan wanita, tapi juga pria. Menurut penelitian, pria yang pola makannya kurang folat memiliki kecenderungan abnormalitas kromosom lebih tinggi pada spermanya. (RFZ)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here