Manfaat Makan Timun Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semua orang pasti tidak asing lagi dengan timun karena seringkali kita menemui timun di hidangan piring makan pagi, siang ataupun malam. Timun sering kita temui pada lalapan, rujak dan olahan lainnya lagi. Rasanya yang netral atau segar membuat banyak orang menyukainya.

Tak hanya rasa yang enak, timun juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Timun mengandung banyak serat, air, vitamin C, dan mineral seperti kalium, magnesium, zinc, fosfor, zat besi serta kalsium. Banyaknya kandungan nutrisi tersebut yang membuat timun sangat baik jika dikonsumsi. Nah, apa sajakah  manfaat timun bagi tubuh jika anda sering memakannya?. Berikut manfaat makan timun bagi tubuh anda:

  1. Membuat nafas segar

Saat bangun di pagi hari pasti anda merasa bau nafas yang kurang nyaman. Bau nafas tidak hanya saat bangun pagi, namun setelah makan makanan yang meninggalkan bau di mulut juga dapat membuat nafas tak sedap. Tenang saja, ada cara untuk menghilangkan bau tersebut dengan makan timun. Cukup iris tipis mentimun dan masukan ke mulut selama 30 detik. Timun dapat membuat nafas segar karena kandungan anti-bakteri timun mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tubuh memiliki sistem detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari paparan luar tubuh seperti polusi dan kandungan berbahaya dari makanan yang anda konsumsi. Timun yang anda makan akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh karena timun berisi air dan nutrisi yang penting dalam berperan mengeluarkan racun tubuh.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Beberapa orang seringkali bermasalah pada sistem pencernaannya seperti diare dan sembelit. Dengan makan timun akan membuat sistem pencernaan anda lebih sehat karena timun mengandung serat yang akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan anda.

  1. Mengurangi risiko terkena kanker

Makan timun juga membuat tubuh anda terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker. Timun memiliki sifat anti kanker yang dapat menurunkan risiko anda terkena berbagai penyakit kanker.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Timun yang anda makan juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal itu yang membuat kondisi ginjal anda semakin lebih baik.

  1. Mengontrol tekanan darah

Kandungan serat, kalium dan magnesium dalam timun berperan dalam menjga tekanan darah orang yang mengonsumsinya. Jadi bagi anda yang punya masalah dengan tekanan darah mengonsumsi timun bisa menjadi pilihan anda.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya pada penyembuhan penyakit saja, ternyata makan timun juga baik untuk kesehatan kulit. Magnesium, kalium dan silikon pada timun dapat membantu menjaga kulit sehat dan bersinar. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here