Manfaat Mengonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jagung merupakan makanan yang tidak asing lagi dalam kehidupan kita. Banyak sekali olahan jagung yang sering kita makan seperti jagung rebus, jagung bakar atau dalam masakan seperti capcay dan makanan lainnya lagi.

Jagung juga mengandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat sehingga makan jagung akan membuat kita cepat kenyang. Selain sebagai sumber makanan, ternyata jika anda sering mengonsumsi jagung maka akan baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan tubuh:

  1. Penambah berat badan yang ampuh

Memiliki berat badan yang ramping memang idaman semua orang. Namun ada juga lho orang yang menginginkan berat badannya naik karena kondisi tertentu. Jadi bagi anda yang ingin menambah berat badan maka mengonsumsi jagung adalah caranya. Jagung merupakan sumber kalori, ada 342 kalori dalam jagung dan merupakan jenis sereal yang tinggi. Sehingga berat badan anda dapat bertambah.

  1. Sumber vitamin tubuh

Tubuh juga memerlukan asupan vitamin dari luar agar tetap sehat. Dari jagung anda bisa mendapatkan banyak vitamin seperti vitamin B khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Vitamin E juga terdapat pada jagung yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Jagung juga mengandung betakaroten yang merupakan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata anda.

  1. Membuat anda terhindar dari wasir

Orang yang mengonsumsi jagung akan terhindar dari penyakit wasir sebab jagung memiliki cukup banyak serat. Dalam satu cangkir jagung terdapat serat sebanyak 18,4%. Jumlah tersebut dapat membantu anda untuk mengatasi masalah pencernaan seperti wasir.

  1. Kaya akan mineral

Tidak hanya kaya vitamin, jagung juga merupakan sumber yang kaya akan mineral. Di dalam jagung terdapat mineral seperti Fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi, tembaga, dan juga selenium. Fosfor dalam jagung dapat menjaga kesehatan ginjal, sedangkan magnesium baik untuk kesehatan jantung dan kekuatan tulang anda.

  1. Mencegah kanker

Jagung mengandung sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Jadi bahagialah bagi anda yang suka mengonsumsi jagung karena akan terhindar dari kanker.

  1. Mencegah anemia

Anemia juga penyakit yang cukup dihindari oleh kebanyakan orang. Jagung dapat membantu anda terhindar dari anemia karena mengandung vitamin B12 dan asam folat. Zat besi juga terdapat dalam jagung yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah baru dalam tubuh sehingga anemia tak menyerang anda. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here