Manfaat Timun Suri Sebagai Sumber Antioksidan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Timun suri yang masih merupakan anggota keluarga dari labu-labuan, mempunyai kulit berwarna kuning dengan bentuk lonjong. Buah ini juga terbukti memiliki banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh seperti glukosa, asam linoleat, vitamin A, vitamin C, fluktosa, kalium, hingga magnesium.

Apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam timun suri?

Timun suri memang dikenal mengandung banyak nutrisi. Secara lebih rinci dalam setiap 100 gram timun suri mengandung protein 1,26 gram; kalium 1.008 mg; air 96,32 gram; karbohidrat 2,09 gram; lemak 0,04 gram; serat 0,89 gram; kalsium 768 mg; abu 2,90 gram; vitamin C 24,86 mg; dan fosfor 422 mg.

Namun demikian bisa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram timun suri berbeda dengan data di atas, karena tergantung kualitas dari buah tersebut. Dengan banyaknya kandungan itu, maka tidak mengherankan jika timun suri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat timun suri untuk kesehatan

  1. Timun suri sebagai sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi radikal bebas, sehingga tubuh kuat menghadapi serangan penyakit. Timun suri mengandung berbagai macam antioksidan seperti magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta silika.
  2. Timun suri yang kaya serat dapat membantu sistem pencernaan. Buah ini sangat cocok untuk seseorang yang sulit buang air besar, mengalami maag, gastritis, hingga tukak lambung.
  3. Timun suri juga memiliki manfaat untuk melancarkan proses detoksifikasi untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Salah satu racun yang bisa diatasi timun suri adalah keberadaan cacing pita.
  4. Timun suri mempunyai sifat anti-kanker, sehingga bisa menghambat pertumbuhan sel tumor atau kanker. Hal tersebut karena kandungan saponin yang terdapat dalam timun suri, sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.
  5. Timun suri yang memiliki kandungan vitamin A berkhasiat untuk mengatasi gangguan penglihatan, seperti iritasi dan mata kabur. Selain itu dengan kandungan asam askorbat dan asam caffeic dapat meningkatkan retensi air guna mengatasi bengkak di sekitar mata.
  6. Timun suri juga berkhasiat untuk kesehatan ginjal, karena kandungan air yang membantu dalam proses buang air kecil. Tidak berlebihan jika buah ini akhirnya menjadi salah satu andalan obat diuretik alami.
  7. Timun suri juga bisa dimanfaatkan ibu hamil, karena dapat membuat otak janin menjadi cerdas.
  8. Timun suri cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Pasalnya buah ini mempunyai kandungan kadar karbohidrat kompleks, sehingga tidak mengakibatkan naiknya gula darah.

Timun suri mampu membantu dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena kandungan serat, potasium, magnesium, dan saponin yang bisa menjaga kestabilan tekanan darah. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here