Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki tubuh sehat tidak hanya didapatkan dengan olahraga atau latihan fisik saja tapi juga perlu memperhatikan asupan nutrisi. Asupan nutrisi yang baik dan seimbang akan membantu proses dalam tubuh untuk menjaga kesehatannya. Nutrisi baik dibutuhkan oleh semua orang, termasuk juga dengan ibu hamil.

Ibu hamil justru sangat memerlukan nutrisi yang baik dan juga nutrisi yang lebih baik, karena anda harus menjaga kesehatan diri sendiri dan sekaligus janin yang berada dalam kandungan. Banyak sekali sumber nutrisi yang bisa anda dapatkan saat masa kehamilan. Salah satu sumber nutrisi atau gizi yang baik dan bermanfaat bagi ibu hamil adalah wortel.

Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang sudah tidak sangat asing di telinga anda. Bahkan banyak sekali makanan yang menggunakan campuran wortel seperti sayur sup, bakwan atau hanya dibuat sebagai jus wortel.

Wortel ini sangat dikenal dengan sayur yang mengandung banyak vitamin A dan memiliki banyak manfaat. Lalu, apa manfaat wortel untuk ibu hamil? Berikut beberapa manfaat wortel untuk ibu hamil:

  1. Baik untuk kesehatan indera penglihatan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa wortel banyak mengandung vitamin A. Bagi ibu hamil yang rajin mengonsumsi wortel maka akan bermanfaat bagi kesehatan matanya. Tidak hanya bermanfaat bagi ibunya, vitamin A dalam wortel juga dapat membantu perkembangan indra penglihatan janin dalam kandungan.

  1. Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas memang berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Namun dengan makan wortel maka dapat melindungi anda terkena radikal bebas. Wortel mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan kanker.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ibu hamil memiliki tugas tambahan untuk menjaga kesehatan janinnya sehingga kadangkala ibu hamil mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh karena kelelahan atau lain sebagainya. Dengan konsumsi wortel maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda karena wortel mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.

  1. Membantu melawan infeksi

Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A pada wortel juga bermanfaat untuk melawan infeksi, menambah kualitas dan kuantitas ASI yang nantinya akan diberikan kepada bayi anda setelah lahir.

  1. Mengurangi risiko penyakit kuning pada janin

Penyakit bisa menyerang siapa saja termasuk bayi. Salah satu penyakit yang menyerang bayi adalah penyakit kuning. Jika anda rajin mengonsumsi wortel saat hamil maka akan mengurangi risiko bayi anda dari penyakit kuning.

  1. Mencegah anemia

Tekanan darah yang tinggi atau tekanan darah yang terlalu rendah tidak baik bagi ibu hamil. Zat besi dalam wortel mampu membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh ibu hamil sehingga mencegah anda dari anemia. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here