Memuncaknya Libido atau Gairah Seks Wanita saat Ovulasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ovulasi merupakan salah satu istilah dalam kesehatan reproduksi wanita yang berkaitan dengan siklus menstruasi dimana pada masa ini wanita sedang dalam masa subur. Ovulasi yaitu suatu proses dimana organ yang disebut ovarium (indung telur) sedang melepaskan sel telur, kemudian sel telur tersebut akan berpindah menuju tuba falopi dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

Apabila sel telur tidak buahi oleh sel sperma maka sel telur tersebut akan menebal di dalam rahim dan apabila masanya telah tiba sel telur akan meluruh berupa darah. Hal tersebut disebut sebagai proses terjadinya menstruasi.

Pada umumnya siklus menstruasi seorang wanita berlangsung sekitar 28 hari sampai 32 hari. Akan tetapi ada beberapa wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur masa ovulasi dapat ditentukan dengan mudah yaitu pada hari ke 12-16 yang dihitung dari hari pertama menstruasi. Sedangkan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur untuk menentukan masa ovulasi dapat di hitung menggunakan rumus.

Siklus terpendek dikurangi 18 dan siklus terpanjang dikurangi 11. Sebagai contoh yaitu siklus menstruasi seorang wanita selama 6 bulan yaitu 36,37,30,28,33,31. Maka untuk menentukan masa ovulasi wanita tersebut yaitu : Siklus terpendek 28, maka 28 – 18 = 10. Sedangkan siklus terpanjang 37 – 11 = 26. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa masa ovulasi wanita tersebut yaitu hari ke 10 hingga hari ke 26 dihitung dari hari pertama mens terakhir.

Lalu benarkah bahwa libido atau gairah seks seorang wanita akan memuncak pada saat ovulasi?

Hasil penelitian di Durham, Carolina Utara yang dilakukan oleh The US National Institute of Enviromental Health Sciences menyatakan bahwa seorang wanita terbukti memiliki gairah seksual yang sangat tinggi pada saat masa subur. Hal tersebut dirasakan secara tidak sadar. Peningkatan gairah seksual saat masa subur melonjak sekitar 24% dibandingkan dengan hari biasanya.

Berdasarkan penelitian tersebut menyatakan bahwa peningkatan gairah seks tersebut tidak hanya terjadi pada wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, akan tetapi dapat terjadi pula pada wanita yang telah melakukan sterilisasi dan menggunakan alat kontrasepsi IUD.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Virginia, Amerika Serikat menunjukan bahwa pada saat ovulasi atau masa subur wanita akan lebih bergairah untuk berhubungan seks dan mencapai orgasmenya. Penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari Arizona State University juga telah membuktikan bahwa seorang wanita pada masa subur akan mengalami peningkatan untuk melakukan masturbasi.

Menurut Samantha Dawson seorang peneliti dari University of Lethbridge di Kanada menyatakan bahwa wanita akan sangat agresif kepada pria pada saat ovulasi. Penelitian yang kutip dalam jurnal Archives of Sexual Behavior melakukan sebuah penelitian kepada 27 wanita, dimana dalam penelitian tersebut setiap wanita diminta untuk menulis sebuah buku harian mengenai fantasi hubungan seks yang dialaminya selama masa subur. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa para wanita tersebut rata-rata merasakan fantasi seksual yang meningkat dibandingkan hari lainnya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here