Mengenal Tentang Smoothies dan Perbedaannya Dengan Jus

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Smoothies yaitu suatu minuman yang terbuat dari bahan dasar berupa buah-buahan, sayuran, sirup, gula pasir dan es batu. Biasanya smoothies memiliki ciri khas di dalamnya ditambahkan dengan susu, coklat, yoghurt dan susu kental manis. Proses pembuatan smoothies yaitu dengan mencampurkan potongan bahan yang anda pilih kemudian dimasukan ke dalam blender.

Untuk mempercantik penampilan smooties sebelum di hindangkan biasanya ditambahkan dengan bubuk coklat, potongan buah dan potongan agar-agar. Smoothies merupakan jenis minuman yang sedikit asing di kalangan masyarakat Indonesia karena namanya yang berbau asing. Tidak jarang bahwa sebagian orang terkadang keliru untuk membedakan antara smoothies dengan jus.

Menurut Helga menyatakan bahwa meskipun smoothies dan jus sering kali dianggap sama, sebenarnya kedua jenis minuman tersebut berbeda, baik cara pembuatan, bahan yang dibutuhkan, tekstur minuman dan kandungan yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberapa perbedaan antara smoothies dan jus, diantaranya sebagai berikut :

  1. Smoothie merupakan jenis minuman yang memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan jus, karena minuman tersebut memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Sedangkan jus diambil sarinya dan disaring.
  2. Smoothies lebih membuat anda terasa lebih kenyang karena serat yang terdapat di dalam bahan smoothies (buah, sayur dan lain-lain) tidak di saring. Sedangkan jus memberikan efek sebagai pelepas dahaga karena jus lebih banyak komposisi cairanya.
  3. Jus tidak perlu ditambahkan air sedangkan smoothies membutuhkan tambahan air yang berfungsi untuk membantu proses melembutkan serat buah saat di blender.
  4. Tekstur smoothies lebih kental karena serat dalam bahan smootihes tidak disaring sehingga berkesan memiliki ampas dan menyumbangkan lebih banyak serat sehingga baik untuk proses diet dan melancarkan sistem pencenaan. Sedangkan jus teksturnya cair karena ampas bahan jus harus di saring dan jus lebih banyak menyumbangkan vitamin, mineral, dan air. hal tersebut sesuai dengan penjelasan yang dinyatakan oleh Helga yaitu jus lebih banyak mengandung mineral dan vitamin yang berfungsi untuk memberikan energi instan bagi tubuh, sedangkan smoothies lebih banyak mengandung serat sehingga seperti fitber yang cocok dijadikan sebagai menu sarapa atau quickmeal.
  5. Bahan smoothies lebih banyak untuk di variasikan. Sedangkan bahan jus sangat terbatas untuk divariasikan karena tidak semua jenis buah atau sayuran dapat dikombinasikan.
  6. Bahan pemanis smoothies biasanya menggunakan madu. Sedangkan jus sering ditambahkan gula atau gula sirup sebagai bahan pemanis tambahan.
  7. Cairan yang digunakan untuk membuat smoothies contohnya sparkling water. Sedangan cairan untuk membuat jus menggunakan air minera, soda dan lain-lain.
  8. Smoothies seringkali dianggap lebih menyehatkan karena seluruh bagian buah atau sayuran tidak disaring sehingga seluruhnya dapat terkonsumsi. Sedangankan jus hanya di ambil sari buah atau sayuran sehingga memerlukan penyaringan, hal ini yang membuat jus di anggap kurang menyehatkan dibandingkan dengan smoothies. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here