Meningkatkan Libido Wanita Dengan Ginseng

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah lama ginseng dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang sering digunakan adalah untuk meningkatkan gairah seksual pria dan wanita. Lantas apakah gingseng cukup efektif dalam membangkitkan libido wanita?

Kandungan ginsenosides pada ginseng yang bermanfaat untuk meningkatkan libido

Dari empat jenis ginseng yang ada, rupanya hanya ada dua macam yang dianggap cocok digunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Kedua jenis ginseng tersebut adalah panax ginseng (ginseng Asia) dan ginseng quinquefolius (ginseng Amerika).

Saat panax ginseng dikeringkan di bawah sinar matahari atau dengan memanfaatkan uap, maka warnanya kelak akan berubah menjadi kemerah-merahan. Hal itulah yang menyebabkan ginseng Asia disebut juga sebagai ginseng merah atau ginseng Korea, karena cara pengeringan tersebut berasal dari negeri Korea.

Tenyata kandungan ginsenosides yang terdapat pada ginseng memiliki peran penting untuk meningkatkan libido. Dalam pengobatan tradisional di Cina, sejak lama panax ginseng telah dimanfaatkan sebagai perangsang seksual.

Panax ginseng juga bermanfaat sebagai antioksidan, dengan cara membangkitkan sintesa nitric oxide (NO) synthesis yang ada di dalam endothelium corpora cavernosa (CC). Sifat ginseng ini juga mengakibatkan perubahan syaraf relaksasi, yang dapat mengaktifkan perangsangan.

Manfaat lain yang terdapat pada ginseng

Ginseng mengandung berbagai zat yang yang bermanfaat untuk tubuh, seperti saponin dan glikosida. Selain itu akar ginseng juga memiliki kandungan sekitar 16 jenis ginsenosida. Seperti resih, minyak asiri, panasena, asam panax, musilago, hormon, fitosterol, vitamin B, kabohirat, hingga selulosa.

Ginseng bisa meningkatkan vitalitas wanita, semacam tonik stimulan. Selain itu ginseng juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kelelahan, karena memiliki kandungan adaptogenik. Ginseng juga cocok dikonsumsi bagi orang yang mengalami stres, karena bisa meningkatkan kewaspadaan mental dan mengubah mood.

Manfaat lainnya dari ginseng adalah sebagai ramuan dan anti-kecemasan dan anti-depresan. Seseorang saat mengalami stres, maka hormon adrenal akan mengalir keluar sehingga mengakibatkan masalah kesehatan. Dalam kondisi ini, ginseng bisa membantu dalam menyeimbangkan adrenalin.

Jika dikonsumsi secara teratur, ginseng juga bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan dan saraf. Beberapa pakar herbal bahkan mengatakan ginseng bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang, karena kandungan senyawa alami yang bisa membuat rileks.

Sifat adaptogenik yang terdapat pada ginseng juga bisa membantu untuk merangsang seseorang agar tetap awet muda. Sementara pada orang tua yang sudah lanjut usia, manfaat ginseng bisa digunakan untuk memulihkan sel-sel yang telah rusak.

Selain untuk meningkatkan gairah seksual wanita, ginseng juga dapat mempengaruhi kesuburan. Khususnya para pria karena ginseng bisa meningkatkan kadar hormon testosteron, sehingga mampu memproduksi lebih banyak sperma.

Khusus bagi wanita yang sudah lanjut usia, ginseng bisa menghambat terjadinya menopouse termasuk nyeri ketika mengalami haid. Namun penggunaan ginseng tidak dianjurkan untuk ibu hamil, guna mencegah terjadinya kontraksi yang bisa membahayakan proses kehamilan. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here