Mungkinkah Penyakit Seksual Dapat Menular Lewat Toilet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit menular seksual menjadi salah satu penyakit yang dihindari oleh orang-orang. Sebab penyakit ini cukup menyeramkan dan sulit untuk disembuhkan. Sehingga berbagai kekhawatiran akan tertularnya penyakit menular seksual membayangi semua benak banyak orang.

Bahkan ada kabar, banyak orang yang menghindari untuk menggunakan toilet umum apalagi jika yang digunakan adalah WC duduk. Mereka khawatir jika menggunakan toilet umum akan terinfeksi virus dan bakteri yang tertinggal oleh seorang dengan penyakit menular seksual. Selain itu, ada juga yang takut akan ditularkan penyakit menular seksual tersebut. Namun, Mungkinkah penyakit seksual dapat menular lewat toilet yang digunakan secara umum?

Menurut seorang ahli kesehatan seksual profesor Basil Donovan mengatakan bahwa penyakit menular seksual sejatinya tak bisa ditularkan melalui toilet umum. Dikarenakan virus dan bakteri yang terdapat pada toilet duduk tidak mampu bertahan dalam waktu yang lama setelah keluar atau meninggalkan tubuh manusia dengan penyakit menular seksual tertentu. Virus yang terdapat pada toilet umum tidak bertahan lama karena kondisinya tidak disukai atau tidak mendukung pertumbuhan virus tersebut. Dimana terlalu kering dan panas sehingga virus akan mati tidak lama setelah keluar dari tubuh manusia.

Pada dasarnya penyakit menular seksual hanya bisa menular apabila penderitanya sedang melakukan aktivitas seksual seperti penetrasi, seks oral, atau dalam beberapa kasus seperti kutil kelamin. Tak hanya itu, toilet umum sebenarnya sudah dirancang sesuai agar tidak menyentuh organ vital. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk terinfeksi virus penyakit menular seksual dari toilet umum yang anda gunakan.

Meski tidak ada penularan penyakit seksual melalui toilet umum, anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan toilet karena toilet umum juga bisa menjadi sarang kuman penyakit lain. Dimana toilet umum juga ada yang kurang terjaga kebersihannya dan mungkin saja menumbuhkan bakteri atau kuman lainnya. Oleh karena it menjaga kebersihan diri saat di toilet umum juga penting.

Untuk cara menjaga kebersihan diri di toilet umum anda bisa melakukan yaitu setelah buang air besar atau buang air kecil dan cuci tangan, jangan langsung menyentuh kulit pada bagian wajah anda. Setelah itu keluarlah dari toilet umum dan cucilah kedua tangan anda menggunakan sabun dan pastikan mencuci tangan dengan benar dan bersih. Dengan ini anda bisa mencegah pertumbuhan bakteri atau kuman pada tangan atau anda setelah menggunakan toilet umum. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here