Pengaruh Buang Air Kecil di Kolam Renang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kolam renang umum merupakan salah satu tempat rekreasi yang digemari masyarakat. Selain untuk rekreasi, tempat ini juga digunakan untuk olahraga. Disinilah tempat para penggiat olahraga renang malakukan aktivitas berenang. Melihat banyaknya fungsi kolam renang umum bagi masyarakat, maka tak heran jika tempat ini selalu dibanjiri pengunjung, khususnya di akhir pekan atau di hari libur. Akan tetapi, tahukah anda akan dampak negatif berenang di kolam renang umum?

Menurut penelitian Tim ahli American Chemical Society menemukan cara untuk mendeteksi kadar air kencing di kolam renang. Berdasarkan penelitian pada tahun 2017 ini. Kandungan urine bisa di deteksi dengan cara menilai kadar pemanis buatan yang ada di kolam renang.

Didalam tubuh manusia kadar pemanis buatan tidak diserap dan akan keluar lagi melalui urine dengan struktur yang sama. Pemanis buatan bisa ditemukan dalam sejenis makanan dan minuman yang ada didalam kemasan.hampir semua orang pasti mengkonsumsi makanan dan minuman yang dikemas, jadi kalau ada banyak kadar pemanis buatan yang terdeteksi artinya banyak orang yang membuang air kecil di kolam renang tersebut

Dampak negatif yang bisa diperoleh saat berenang di kolam renang umum, khususnya untuk kesehatan. Dengan begitu, anda yang akan berenang di kolam umum dapat melakukan hal-hal preventive untuk mencegah hal-hal negatif ini terjadi pada diri anda dan keluarga.

Penyakit Pencernaan

Dampak pertama dari berenang di kolam renang umum adalah munculnya penyakit di saluran pencernaan. Banyak kasus yang terjadi dimana penyakit pada saluran pencernaan seseorang terjadi setelah dia berenang di kolam renang umum sebelumnya. Salah sati penyakit yang populer terjadi setelah berenang di kolam umum adalah Disentri.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari jenis bakteri shigellosis. Tanda-tanda orang terkena disentri yaitu demam, mual, muntah, diare, kram dan sakit kepala. Biasanya penyakit ini terdapat pada kolam renang umum untuk anak-anak yang kebersihan airnya tidak terjaga.

Untuk itu, jika anda ingin mengajak anak anda berenang di tempat umum, ada baiknya anda memilih kolam renang yang memiliki standar kebersihan tinggi. Selain itu, beri juga pengertian pada anak untuk menjaga kebersihan dan tidak buang air kecil di dalam kolam, sehingga kolam akan terbebas dari bibit penyakit.

Diare

Diare disebabkan oleh infeksi dari bakteri eschericia coli yang penyerang bagian usus. Penyakit ini biasanya menular karena sanitasi yang buruk pada kolam, sehingga kuman dan bibit-bibit penyakit tidak bisa terbuang dan terus berkembangbiak dalam kolam. Selain itu, ada juga diare akut disebabkan oleh infeksi bakteri jenis protozoa yang menyerang pada bagian usus. Gejala yang timbulkan yakni penyebab kram perut, kembung, sering buang air, muntah, pucat, dan sakit badan.

Penyakit Kuning

Pada umumnya, penyakit kuning disebabkan oleh infeksi bakteri dari jenis leprospirosis. Orang yang terserang penyakit ini akan mengalami demam, menggigil, kulit menjadi kuning, pendarahan dan ruam pada kulit. Pada kolam renang, penyakit ini biasa ditularkan melalui urin tikus atau hewan lain yang masuk ke dalam kolam renang. Air yang tawar, bersih, dan menggenang akan menjadi ladang yang subur bagi perkembangbiakan penyakit ini.

Hepatitis A

penyakit ini disebabkan oleh virus dan sangat sulit diobati dengan hanya mengandalkan antibiotik. Biasanya penyakit ini akan sangat mudah menular saat anda berenang di kolam renang umum yang berada dekat dengan pembuangan limbah secara langsung. Selain itu, semakin banyak orang yang memakai kolam renang di tempat yang sama, maka potensi menularnya Hepatitis A menjadi lebih besar.

Infeksi Cacing

Selanjutnya adalah infeksi cacing. Penyakit ini disebabkan oleh cacing yang masuk kedalam tubuh. Cacing ini bisa masuk air kolam renang umum yang tertelan. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit, demam, muntah dan penyebab diare. Jika tidak diobati penyakit ini bisa sangat berbahaya karena cacing akan berkembang biak dan menjadi parasit di dalam tubuh.

Penyakit Saluran Pernafasan

Influenza atau flu disebabkan oleh virus yang masuk ke saluran pernafasan. Jika orang yang sedang terjangkit flu berenang di kolam renang umum, maka virus flu tersebut akan mudah berpindah ke orang lain dengan perantara air kolam. Terutama saat kekebalan tubuh menurun, maka seseorang akan mudah terjangkit virus tersebut.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here