Penyebab Anak Mogok Makan dan Cara Menanganinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu-ibu seringkali sangat khawatir dengan perkembangan buah hatinya karena anak mogok makan. Bahkan ibu sering menambahkan vitamin dalam minuman buah hatinya untuk menggantikan nutrisi yang hilang saat buah hati mogok makan.

Apa Saja Penyebab Anak Mogok Makan?

  • Terlalu Sering Ngemil. Anak yang mengalami mogok makan biasanya terlalu sering ngemil sehingga tidak pernah merasa benar-benar lapar. Biasanya anak yang sulit makan juga terlalu sering minum susu sehingga tidak memiliki keinginan untuk makan.
  • Suka Memilih-milih Rasa Makanan. Semakin anak tumbuh dan berkembang, semakin banyak pula rasa makanan yang dapat dirasakan. Sehingga banyak anak yang tidak mau makan karena merasa tidak cocok dengan makanan atau dengan rasa makanannya.
  • Bosan dengan Tekstur Makanan yang Empuk. Awalnya anak diberi makanan yang teksturnya empuk seperti nasi tim atau sayur yang sudah dilembutkan. Tapi semakin lama, anak juga merasa bosan dengan tekstur makanan yang empuk. Anak justru semakin suka dengan tekstur makanan yang keras seperti tempe atau gorengan.
  • Anak Sedang Sakit. Anak yang sedang sakit biasanya merasa lemas, letih, atau rewel. Alhasil anak yang sedang sakit juga menolak untuk makan. Sehingga perlu dipacu dengan susu atau pun makanan yang lebih lembut dan kreatif seperti bubur misalnya.
  • Anak Mencari Perhatian. Saat anak mulai masuk usia batita, biasanya anak akan mulai mencari perhatian. Sehingga saat diberi makan, anak tersebut menolak dengan alasan tidak suka dengan makanannya. Hal ini sebenarnya ialah bentuk cari perhatian agar orangtua lebih merayu anaknya.

Bagaimana Cara Menanganinya?

Ada beberapa hal yang dapat menangani anak yang sedang mengalami mogok makan yaitu sebagai berikut:

  1. Caranya ialah dengan mencicipi terlebih dahulu makanan tersebut di depan anak, sehingga anak dapat mencontoh orangtua untuk memasukkan makanan ke dalam mulut.
  2. Cara yang selanjutnya ialah mencampurkan berbagai macam rasa ke dalam makanan anak sehingga anak memiliki kesenangan di saat makan.
  3. Buatlah makanan dengan bentuk yang kreatif dan unik penyajiannya sehingga anak-anak mau makan
  4. Pakailah peralatan makan berbentuk hewan atau tanaman sehingga lucu di mata anak-anak dan membuatnya mau makan.
  5. Kombinasikan makanan yang sehat. Bukan hanya melulu sayur tapi juga daging atau pun tempe. Biasanya anak lebih tertarik untuk makan daging, tapi sebaiknya tetap diolah dengan cara mencampurnya dengan sayuran.
  6. Tetap berikan vitamin untuk mengganti nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan anak Anda karena anak mengalami susah makan.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara menangani anak mogok makan. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here