Penyebab Kebotakan Rambut pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak sekali pria paruh baya yang sudah kehilangan sebagian dari rambutnya. Bahkan sampai mengalami kebotakan di sebagian kepalanya. Rambut rontok atau Androgenetic Alopecia biasanya dimulai dari kerontokan rambut pada garis rambut dahi yang menurun. Kemudian pelipis dan puncak kepala.

Apa Saja Penyebab Kebotakan Rambut Pada Pria?

  • Hormon

Pria bisa mengalami masalah hormon yang dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Kandungan hormon Dihidrotestosteron (DHT) yang sangat tinggi juga dapat memicu kerontokan rambut karena folikel rambut sangat sensitif terhadap hormon ini.

  • Genetika

Kerontokan rambut bisa terjadi karena adanya faktor keturunan. Jika orangtuanya mengalami kerontokan rambut di usia muda, biasanya akan menurunkan pada anaknya juga.

  • Obat-obatan

Anda yang terbiasa mengkonsumsi obat biasanya juga lebih sering mengalami kerontokan rambut. Pengobatan untuk gangguan depresi dan gangguan jantung atau pun metode kemoterapi biasanya akan membuat seseorang mengalami kerontokan rambut.

  • Memiliki Penyakit Tertentu

Kerontokan rambut yang biasa diderita oleh para pria bisa disebabkan oleh karena terjadi penyakit tertentu, seperti anemia berat, penyakit kulit, diabetes, penyakit autoimun, serta kanker. Penyakit anemia juga bisa membuat terjadinya kekurangan darah akut dan suplai oksigen ke kulit kepala menjadi berkurang.

  • Diet

Pria yang biasa melakukan diet akan membuat tubuh mengalami kekurangan gizi, sehingga suplai nutrisi ke akar rambut menjadi berkurang. Maka Anda akan kehilangan daya tahan karena protein, zat besi, zat gizi,  dan nutrisi yang lainnya.

  • Infeksi Bakteri dan Jamur

Rambut rontok yang dialami pria disebabkan oleh infeksi bakteri atau pun jamur yang ada di kulit kepala, sehingga dibutuhkan pengobatan yang tepat. Infeksi bisa terjadi karena kulit kepala yang kotor karena jarang dibersihkan.

  • Stres

Adanya tekanan psikologis tingkat tinggi dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut pada pria. Sehingga pria yang mengalami kesibukan berlebihan biasanya akan cenderung mengalami kebotakan.

  • Proses Kimia

Pria yang mengalami proses kimia rambut seperti mewarnai rambut, meluruskan rambut, atau pun yang lainnya, juga bisa mengakibatkan terjadinya kerontokan rambut. Kerontokan rambut karena proses kimia biasanya diakibatkan oleh adanya kerusakan pada akar rambut.

  • Usia

Seseorang yang mengalami pertambahan usia, biasanya akan memiliki rambut yang semakin menipis. Kerontokan rambut yang terjadi biasanya dimulai pada usia 30-an. Pertumbuhan rambut yang melambat juga biasanya akan terjadi karena folikel rambut sudah tidak aktif. Sehingga pada pria yang mulai memasuki usia 50 tahun, biasanya jumlah folikel aktif di kepala hanya tinggal setengahnya. Jadi tak heran banyak pria yang usianya mulai senja mengalami kebotakan rambut di area tertentu.

Demikian informasi mengenai penyebab kebotakan rambut pada pria. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here