Penyebab Keringat yang Berlebihan pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil sering mengeluh mengeluarkan keringat yang berlebihan. Ibu hamil biasanya akan mulai mengeluarkan banyak keringat ketika masa kehamilan pada trimester pertama, ketiga dan pasca persalinan. Pemicu keringat yang berlebihan biasanya dikarenakan adanya tingkat hormon yang sangat tinggi ketika hamil dan pasca persalinan.

Mengapa Ibu Hamil Banyak Berkeringat?

  • Peningkatan Aliran Darah

Aliran darah dalam kulit semakin meningkat di saat hamil, sehingga ibu hamil merasa tubuhnya semakin panas. Kemudian menimbulkan adanya rangsangan kelenjar keringat ibu hamil sehingga dapat menetralisir aliran darah pada sehingga suhu tubuh tetap stabil.

  • Peningkatan Hormon Progesteron

Hormon progesterone pada wanita saat hamil semakin tinggi. sehingga membuat ibu hamil merasakan hawa panas. Hormon progesteron atau pembuluh darah kecil pada kulit ibu hamil juga semakin terbuka lebar, sehingga terus mengeluarkan keringat secara berlebihan.

  • Peningkatan Suhu Tubuh Ibu Hamil

Suhu tubuh ibu hamil, bisa semakin panas sehingga dapat mempengaruhi suhu tubuh ibu hamil. Rasa panas dari ibu hamil dapat mengalami sesak. Kemudian adanya berat badan dari kehamilan yang semakin hari juga semakin berat, sehingga ibu hamil mengeluarkan tenaga esktra dan sering mengalami kelelahan saat membopong janin. Tentunya membuat ibu hamil semakin bertambah banyak mengeluarkan keringat.

  • Ibu Hamil Mudah Stres

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ibu hamil memang memiliki sisi kesensitivan dalam kehidupan. Sehingga mudah sekali memikirkan yang kurang penting jika dikontrol karena banyak mengalami paranoid atau ketakutan. Sehingga lebih mudah panik dan emosi. Alhasil ibu hamil lebih sering mengeluarkan banyak keringat daripada saat tidak hamil.

  • Ibu Hamil Sering Mual

Ibu hamil sering merasa mual bahkan muntah. Saat mual dan muntah tentunya tubuh cukup terkoyak dan mengeluarkan keringat. Jadi jangan heran jika ibu hamil biasanya lebih sering terlihat kotor atau pun berkeringat karena sering menahan rasa mual tersebut.

  • Ibu Hamil Sering Malas Melakukan Apapun

Banyak ibu hamil yang lebih manja daripada biasanya, sehingga lebih sering untuk malas melakukan apapun. Bahkan banyak ibu hamil yang juga malas mandi. Malas mandi membuat ibu hamil sering berkeringat dan terlihat berminyak di bagian wajah maupun kulitnya.

  • Keinginan Untuk Berolahraga

Ibu hamil yang memiliki keinginan yang kuat untuk berolahraga biasanya sering mengeluarkan keringat. Ibu hamil juga biasanya lebih sering berkeringat apabila melakukan olahraga hamil atau pun gerakan-gerakan untuk mempersiapkan kelahiran. Dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil, tentu jumlah keringat yang dikeluarkan ibu hamil cukup banyak. Karena memang membawa berat kehamilan.

Demikian informasi mengenai penyebab keringat yang berlebihan pada ibu hamil. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here