Penyebab Lidah Terasa Pahit pada Ibu Hamil Muda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hamil merupakan keadaan yang berbeda bagi wanita. Wanita harus menyesuaikan diri saat menjalani masa kehamilannya. Sebab banyak sekali perbedaan dan bahkan hal baru yang sebelumnya tidak muncul pada masa tidak hamil.

Saat kehamilan memasuki trimester pertama atau ibu hamil muda, ibu akan mulai merasakan keluhan-keluhan yang dirasa seperti hal baru yang dialami. Keluhan yang dirasakan bisa dari fisik maupun psikis. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon pada saat kehamilan.

Keluhan pada masing-masing ibu hamil memang berbeda. Namun ada yang umumnya sama dialami oleh semua ibu hamil, salah satunya lidah terasa pahit. Lidah terasa pahit biasanya dialami oleh orang dengan penyakit tertentu, tapi lidah terasa pahit ternyata dirasakan juga oleh ibu hamil. Tentu saja penyebab lidah terasa pahit pada ibu hamil dengan orang sakit sangat berbeda. Penyebab lidah terasa pahit pada ibu hamil muda yaitu:

  1. Adanya masalah mulut dan gigi

Beberapa keadaan mulut dan gigi yang tidak sehat mampu menyebabkan rasa pahit pada lidah ibu hamil. Contohnya ibu memiliki radang gusi atau gigi yang berlubang. Agar rasa pahit teratasi ibu harus rajin merawat mulut dan gigi sehingga mengurangi bakteri yang menyebabkan masalah pada mulut dan gigi. Lidahpun tidak akan terasa pahit.

  1. Penyakit lambung

Mungkin dari ibu hamil ada yang memiliki riwayat penyakit lambung dan saat hamil muncul kembali karena sering makan makanan yang asam, pedas dan berlemak. Jika penyakit lambung kambuh maka otomatis lidah akan terasa pahit karena asam lambung akan naik dan mungkin saja anda akan muntah.

  1. Menghirup zat

Beberapa kebiasaan buruk harus anda hentikan agar terhindar dari lidah terasa pahit. Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit adalah merokok dan terhirupnya bahan kimia oleh ibu hamil. Orang disekitar anda sebaiknya juga menghindari rokok agar tidak terhirup oleh anda.

  1. Mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat saat hamil juga dapat menyebabkan lidah terasa pahit karena beberapa obat menyebabkan rasa pahit pada lidah anda.

  1. Kurang asupan vitamin

Menjaga keseimbangan asupan nutrisi saat hamil merupakan hal yang penting. Anda juga perlu menambahkan vitamin agar tubuh anda dan janin tidak kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit.

  1. Ketidakseimbangan hormon

Lidah terasa pahit ini memang yang sering dialami oleh ibu hamil muda. Penyebab juga bisa dari ketidakseimbangan hormon dimana dapat menurunkan estrogen sehingga mempengaruhi indera pengecap yang terasa pahit. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here