Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur Pagi Hari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Umumnya kita mengetahui saat bangun pagi tubuh kita akan fit dan siap beraktivitas karena telah istirahat dengan cukup. Namun, pernahkah anda mengalami sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari? Jika anda mengalaminya maka perlu berhati-hati karena bisa jadi ada yang salah dalam tubuh anda.

Selain tidak nyaman, sakit kepala saat bangun pagi pasti membuat anda khawatir sebab anda akan kesulitan untuk menjalankan kegiatan pada hari tersebut. Sakit kepala tersebut sebenarnya ada penyebabnya. Secara medis sakit kepala pada saat bangun pagi disebabkan oleh:

  1. Tubuh yang dehidrasi

Saat tidur tubuh tetap saja bekerja sehingga bisa saja membuat anda merasa dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat jaringan otak kehilangan cairan dan akibatnya anda sakit kepala pada pagi harinya. Oleh karena itu, sebaiknya anda minum air putih setelah bangun pagi agar tubuh terhidrasi dan sakit kepala hilang.

  1. Banyak minum kafein

Beberapa pria yang senang begadang akan banyak minum minuman yang mengandung kafein sehingga kadar kafein akan berlebih dalam tubuh. Kafein yang berlebihan akan memberikan efek sakit kepala di pagi harinya. Jika anda ingin tetap minum kafein sebaiknya jangan meminumnya mendekati waktu tidur anda.

  1. Mengonsumsi alkohol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya saat tidur tubuh bisa saja mengalami dehidrasi. Jika anda mengonsumsi alkohol maka dapat memperburuk dehidrasi karena alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi dan anda merasakan sakit kepala.

  1. Tidur yang tidak cukup

Tidur yang cukup memang sudah populer tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sakit kepala salah satu keadaan yang bisa disebabkan karena tidur yang cukup. Jadi muali sekarang sebaikya tidur cukup minimal 6 atau 7 jam sehari.

  1. Penyakit

Beberapa penyakit pada seseorang dapat menyebabkan sakit kepala yang dirasakan saat bangun pagi. Penyakit tersebut seperti sinusitis. Sinusitis dapat menyebabkan sakit kepala pada penderitanya. Selain itu orang dengan hipoglikemia atau kadar gula darah rendah juga merasa sakit kepala saat bangun pagi.

  1. Sleep apnea

Sleep apnea adalah keadaan sulit napas atau napas terhenti saat tidur sehingga otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Keadaan tersebut akan menyebabkan rasa sakit kepala dikemudian harinya.

  1. Posisi tidur yang salah

Saat tidur kita seringkali tidak memperhatikan posisi tidur kita. Padahal posisi tidur yang salah dapat membuat anda sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena bagian tubuh seperti pungung bagian atas, leher dan bahu akan mengalami ketegangan. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here