Perbedaan Label Sunblock dan Label Sunscreen

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika membeli lotion tabir surya, Anda mungkin menemukan produk berlabel sunblock dan ada juga produk sejenis yang berlabel sunscreen. Meski sama-sama dapat melindungi kulit dari sinar matahari, namun ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya, baik itu dari kandungan maupun cara kerjanya secara spesifik.

Proteksi

Sunblock dirancang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. “B” di UVB adalah singkatan dari burning. Ini berarti sunblock akan melindungi lapisan luar kulit dengan menciptakan penghalang antara kulit dan sinar UV, dan memantulkan sinar agar tidak menembus kulit.

Sedangkan, sunscreen dirancang untuk melindungi dari sinar UVA, di mana “A” berarti aging. Cara kerjanya adalah menembus kulit dan menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan dermal kulit. Sementara sunblock bekerja secara fisik, tabir surya bekerja secara kimia untuk memperbaiki kerusakan jangka panjang pada kulit dan mencegah penuaan dini.

Komposisi

Kebanyakan sunblock memanfaatkan titanium oxide atau zinc oxide sebagai bahan aktifnya. Sayangnya, bahan tersebut menghasilkan konsistensi yang lebih kental dan lebih kusam, sehingga kurang nyaman saat diaplikasikan. Namun, sunblock dengan kandungan titanium dioxide dan atau zinc oxide lebih aman untuk diaplikasikan pada bayi yang berusia kurang dari enam bulan.

Dari segi komposisi, sunscreen berbagai bahan kimia, seperti oxybenzone atau avobenzone. Konsistensinya seperti lotion biasa Namun, beberapa orang mungkin alergi terhadap kandungan bahan kimia dalam sunscreen sehingga lebih cocok menggunakan sunblock.

Mana yang lebih baik?

Sunblock melindungi lebih baik dari paparan sinar matahari yang intens sehingga cocok digunakan ketika sedang berada di pantai. Kulit sensitif mungkin lebih baik menggunakan sunblock karena kandungan aktifnya lebih minim risiko iritasi dibandingkan kandungan dalam sunscreen. Di sisi lain, konsistensi sunscreen yang tidak terlalu kental cocok untuk pemakaian sehari-hari dan tidak berpengaruh pada make up.

Baik itu sunblock maupun sunscreen, keduanya bisa menjadi pilihan. Terlebih sekarang ini kebanyakan produk tabir surya umumnya memiliki formula spektrum luas yang dapat melindungi dari sinar UVA maupun UVB. Untuk itu, selalu pastikan produk yang Anda pilih tak hanya memiliki SPF tinggi, tapi juga berlabel “broad spectrum”. Angka SPF (sun protection factor) adalah penentu seberapa lama sunblock atau sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UV. Semakin tinggi angka SPF, semakin lama durasi efek perlindungan dari produk tabir surya yang digunakan. (RFZ)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here