Tanda Darah Rendah yang Berbahaya dan Butuh Penanganan Segera

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tekanan darah rendah adalah suatu keadaan dimana tekanan darah berada dibawah angka normal yaitu di bawah 120/80 mmHg. Sebenarnya tekanan darah rendah pada seseorang tidak selamanya menandakan bahaya bila masih dalam rentang bisa dibawa beraktivitas oleh penderitanya.

Penyebab tekanan darah rendah itu bermacam-macam, ada beberapa faktor seperti kurangnya pemompaan darah dari jantung, volume darah yang berkurang, atau bahkan kapasitas pembuluh darahhnya sendiri.

Untuk mengetahu apakah anda mengalami tekanan darah rendah, biasanya orang yang terkena tekanan darah rendah akan mengeluh atau merasa sering pusing, menguap, penglihatan kurang jelas atau mata berkunang-kunang, keringat dingin, cepat lelah dan sering mengalami pingsan.

Lalu bagaimana tanda-tanda orang dengan darah rendah yang berbahaya dan harus segera ditolong?. Tanda-tandanya yaitu:

  • Jika tekanan darah sudah berada di bawah 90/60 mmHg
  • Sudah lemas atau tidak bisa berjalan
  • Merasa keringat dingin hingga kaki mulai dingin juga
  • Tekanan darah akibat tubuh mengalami shock

Jika anda merasakan hal di atas atau menemukan orang dengan keluhan dan tanda-tanda di atas maka segera bawa ke rumah sakit terdekat karena sudah dalam keadaan bahaya dan perlu penanganan segera. Jika masih bisa ditolong tanpa dibawa ke rumah sakit, anda bisa memberikan pertolongan seperti berikut ini:

  • Minum air putih dalam jumlah banyak 8 gelas hingga 10 gelas per hari.
  • Anjurkan orang tersebut atau anda mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang cukup
  • Berolahraga teratur 30 menit minimal dilakukan tiga kali dala seminggu.
  • Jika perlu pertolongan dokter dan anda dalam keadaan bahaya dan sudah menganggu aktivitas anda, biasanya akan diberikan obat oleh dokter dan vitamin serta beberapa saran untuk penderita tekanan darah rendah.

Sebenarnya darah rendah bukan hal yang perlu mendapat perlakuan khusus. Namun, jika darah rendah yang diderita akibat dari suatu penyakit maka bisa jadi perlu perhatian khusus. Contohnya, kelainan jantung yang bisa memunculkan gejala darah rendah. Maka jantung bisa menjadi lemah sehingga tekanan yang dihasilkan ikut melemah.

Anda juga tidak perlu panik jika tekanan darah rendah dan sirkulasi darah tetap lancar maka tidak berbahaya. Dan juga apabila kondisi kesehatan masih baik-baik saja, tekanan darah rendah bukan menjadi masalah besar. Jika aktivitas mulai terganggu, sebaiknya istirahat dulu dan lanjutkan aktivitas setelah keadaan anda membaik. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here