Tips Agar Nasi di Rice Cooker Tidak Mudah Basi dan Kering

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dengan perkembangan zaman terdapat banyak alat elektronik yang dapat mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Terlebih sebagian besar masyarakat tidak suka dengan sesuatu yang ribet atau membuang-buang banyak waktu. Salah satu peralatan yang cukup diminati dalam membantu pekerjaan rumah tangga adalah rice cooker.

Bila zaman dahulu seseorang harus memasak nasi dengan menyalakan kompor dan menggunakan panci atau dandang, namun kini situasinya bisa lebih menghemat waktu serta tenaga. Caranya adalah dengan memanfaatkan rice cooker.

Dengan menggunakan rice cooker, nasi menjadi semakin cepat matang dan tidak membuang-buang waktu. Namun kekurangannya adalah nasi yang dimasak menggunakan rice cooker akan lebih mudah berwarna kuning, teksturnya kering, hingga cepat basi.

Lantas bagaimana rahasinya agar nasi yang dimasak menggunakan rice cooker tidak mudah basi dan tidak mudah kering? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar nasi dalam rice cooker tidak mudah basi dan kering.

Memakai jeruk lemon

Disarankan sebelum memasak nasi untuk menambahkan tetesan air jeruk lemon ke dalam beras. Air jeruk lemon sudah lama dipercaya dapat membuat tekstur nasi menjadi lembut. Selain itu warna nasi juga menjadi lebih putih, sekaligus tidak mudah kering atau basi.

Cucilah beras sampai bersih

Guna mendapatkan masakan nasi yang optimal, maka dianjurkan untuk mencuci beras sampai bersih. Mencuci beras sampai bersih tidak hanya membuat nasi putih dan bersih, namun juga tidak mudah kering atau basi.

Gunakan air yang cukup untuk memasak

Gunakan air yang cukup untuk memasak nasi di rice cooker. Jangan sampai air kelebihan atau justru kekurangan. Air yang berlebihan bisa menyebabkan nasi mudah basi, sedangkan air yang kurang bisa menyebabkan nasi mudah kering.

Memasak untuk sekali makan

Supaya nasi selalu segar, maka disarankan memasak untuk sekali makan. Memasak untuk sekali makan tidak hanya membuat nasi fresh, namun juga bisa mencegah nasi kering atau basi. Hindari memasak nasi pada pagi hari, sedangkan baru dimakan pada sore hari.

Aduk nasi ketika proses memasak

Tidak ketinggalan untuk mengaduk nasi ketika proses memasak. Mengaduk nasi memiliki tujuan supaya nasi dapat matang rata dan sempurna. Mengaduk nasi ketika proses memasak juga bisa menyebabkan tekstur nasi lebih lembut.

Seseorang juga akan memahami apakah nasi kekurangan ari atau kelebihan air. Mengaduk nasi juga bisa mengatur agar uap air yang terdapat pada sela-sela nasi bisa tersebar lebih merata.

Pakailah rice cooker yang berkualitas

Tips berikutnya adalah menggunakan perlengkapan rice cooker yang berkualitas agar nasi tidak mudah kering, basi, atau kuning. Pastikan elemen-elemen rice cooker yang digunakan untuk memasak dalam keadaan baik pula. Jangan sampai elemen-elemen rusak , karena dapat menyebabkan rice cooker tidak bekerja optimal. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here