Tips Agar Terhindar Dari Kram Kaki saat Hamil Muda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keram kaki ternyata bisa menyerang ibu hamil muda juga. Masalah kram kaki ini sangat umum dirasakan oleh ibu hamil muda. Tidak hanya karena kelelahan saja, kram yang anda rasakan bisa jadi karena aliran darah yang menuju ke area kaki terganggu karena semakin membesarnya ukuran perut anda atau karena ketidakseimbangan asupan nutrisi selama hamil.

Kram bukanlah hal yang sepele, jika anda dilanda kram pasti akan sangat tidak nyaman karena kram bisa menyerang dalam waktu yang lama. Dan anda tentunya ingin sekali tidak terkena kram di kehamilan anda yang masih muda. Agar anda terhindar dari kram kaki, ikuti tips berikut ini:

  1. Perhatikan pola makan harian anda

Asupan yang cukup serta bernutrisi sudah menjadi kewajiban bagi semua ibu hamil. Namun terkadang anda masih belum memperhatikan dengan benar apa yang anda konsumsi sehari-hari. Mulai sekarang perbaiki pola makan anda sehingga akan memperlancar peredaran darah dan krampun tidak akan menyerang anda.

  1. Banyak minum

Banyak minum memang sangat bagus untuk tubuh terutama minum air putih. Begitu juga bagi ibu hamil yang ingin terhindar dari kram kaki sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka peredaran darah akan lancar dan kram kaki tidak akan terjadi.

  1. Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang tinggi

Saat usia kehamilan masih muda, ibu hamil mungkin ingin tetap tampil modern dengan menggunakan sepatu atau sandal dengan hak yang lumayan tinggi. Tapi sebaiknya hindari hal tersebut karena jika digunakan dalam waktu lama akan membuat otot kaki menjadi tegang dan kram. Anda bisa tetap tampil modern dengan menganti sepatu tinggi dengan flat shoes atau lainnya yang tak kalah modern jika dipakai.

  1. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

Sama halnya menggunakan sepatu hak tinggi, berdiri atau duduk terlalu lama akan membuat otot-otot kaki tegang dan menyebabkan kram kaki. Untuk menghindarinya ibu bisa mengkombinasikannya dengan sebentar berdiri dan sebentar duduk atau diselingi dengan berjalan.

  1. Lakukan latihan kaki

Melakukan latihan kaki juga bisa menjadi cara agar terhindar dari kram kaki. Latihan bisa dilakukan dengan melakukan peregangan atau sekedar jalan-jalan pagi di sekitar rumah sehingga kaki anda akan terasa lebih rileks , otot-otot kaki lemas dan kram kakipun menjauh. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here