Tips Mengatasi Duri Ikan yang Tertinggal di Tenggorokan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagian besar orang sangat suka mengkonsumsi berbagai jenis ikan. Walaupun berduri, ikan juga merupakan yang paling digemari oleh masyarakat. Tapi sayangnya ketika asik makan dengan lauk ikan, ternyata tulang atau duri ikan malah tertinggal di tenggorokan. Rasanya sangat mengganggu dan tidak nyaman.

Tips Mengatasi Tulang atau Duri Ikan yang Tertelan

Ada beberapa tips yang bisa mengatasi tulang atau duri ikan yang tertelan di dalam tenggorokan, ialah sebagai berikut:

  • Menelan Sekepal Nasi

Anda dapat menelan sekepal nasi yang sangat hangat tanpa dikunyah terlebih dahulu. Caranya ialah dengan mengambil nasi dengan tangan,kemudian kepal menjadi bola-bola kecil. Kemudian gunakan segelas air untuk mendorong duri terlepas dari tenggorokan.

  • Batuk Kencang

Segera batukkan, dan paksa lah duri untuk keluar dari tenggorokan. Biasanya dengan batuk kencang, bisa cukup membantu mengeluarkan duri ikan di dalam tenggorokan.

  • Minum Air Garam

Apabila duri sulit hilang, maka Anda dapat meminum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Duri ikan dengan ukuran cukup kecil, biasanya akan luruh terbawa air garam dan masuk ke saluran pencernaan.

  • Jangan Ambil Menggunakan Tangan

Perhatikan satu hal ini, sebab terlalu sering dilakukan oleh banyak orang. Sebaiknya jangan mengeluarkan duri dengan memakai tangan. Karena hal ini bisa menyebabkan infeksi dan terjadi cedera di area kerongkongan, terlebih jika ternyata tangan Anda kotor dan penuh kuman.

  • Minyak Zaitun

Anda dapat menghilangkan duri ikan yang tersendat di area tenggorokan dengan meminum minyak zaitun. Anda juga bisa mencampurkan air hangat ke dalam minyak zaitun, kemudian segera tengguklah.  Minyak zaitun dapat memberikan pelumasan di area kerongkongan sehingga dapat meluruhkan yang tersangkut.

  • Mengkonsumsi Pisang

Anda dapat mengonsumsi pisang yang sudah dipotong dengan ukuran sedang, kemudian menahannya di dalam mulut. Jangan sampai Anda mengunyah pisang, sehingga tidak tersendak. Pastikan Anda minum segelas air. Tulang ikan biasanya dapat menempel pada daging pisang sehingga duri dapat terlepas dari kerongkongan.

  • Menelan Marshmallow

Anda dapat menelan marshmallow dengan cara mengunyahnya terlebih dahulu hingga halus, kemudian telan secara perlahan. Marshmallow dengan tekstur tebal serta kenyal, bisa lebih lengket. Sehingga dapat membuat duri bisa semakin luruh menuju pencernaan.

  • Konsultasi ke Dokter

Anda bisa menghilangkan tulang atau duri ikan di area tenggorokan dengan berkonsultasi ke dokter THT. Terlebih jika Anda sudah mengalami keluhan seperti rasa sakit dan pembengkakan di area tenggorokan.

Demikian informasi mengenai tulang atau duri ikan yang tertinggal di area tenggorokan. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca setia. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here