Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Menahan Kentut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kentut merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas, cara lainnya yaitu dengan bersendawa. Kentut terjadi karena adanya penumpukan gas atau terperangkapnya gas dalam tubuh sehingga untuk kebaikan tubuh maka gas tersebut harus dikeluarkan. Ada beberapa alasan yang menyebabkan gas terperangkap dalam tubuh yaitu karena menelan udara, akumulasi gas yang berbau, perubahan bakteri dan atau sembelit.

Kentut adalah hal atau proses yang baik bagi tubuh, namun seringkali orang merasa malu jika ia kentut apalagi kentut di temoat umum. Kentut akan membuat orang malu karena mengeluarkan bunyi dan juga bau yang mana membuat orang lain tidak nyaman. Alhasil anda akan menahan kentut tersebut sampai tidak ada orang di sekitar anda. Lalu apa yang akan terjadi pada tubuh jika anda menahan kentut?

Menurut pakar kesehatan Lisa Ganjhu pencernaan dari NYU Langone Medical Center, mengatakan tubuh mengeluarkan gas berlebih dengan cara kentut dan bersendawa. Jika anda menahan kentut maka akan berefek pada tubuh yaitu muncul efek biasanya pada bagian perut. Efeknya seperti perut panas, kembung, begah, tidak nyaman dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, ada efek lain yang dapat terjadi pada bagian usus anda. Gas yang tidak dikeluarkan akan membuat usus mengelembung seperti balon dan jika dinding usus lemah maka bisa meledak. Apabila hal tersebut maka keadaan usus akan semakin buruk yaitu terjadi atau akan terbentuk kantong-kantong pada usus atau disebut dengan divertikula. Jika terjadi infeksi pada diverkula maka akan menyebabkan rasa nyeri atau bahkan dapat mengancam nyawa anda. Memang cukup berbahaya jika anda sering menahan kentut. Oleh karena itu, hindari menahan kentut agar tubuh anda terhindar dari hal-hal tersebut.

Saat anda ingin kentut di tempat umum, sebaiknya jangan menahannya karena bahaya. Pergilah ke tempat lain seperti toilet atau ruang kosong sehingga orang lain akan tetap nyaman meski anda kentut. Lalu kembali ke aktivitas anda lagi setelah bau kentut yang anda keluarkan telah hilang.

Kentut terjadi karena adanya kelebihan gas atau terperangkapnya gas dalam tubuh. Agar tidak terlalu banyak gas yang terperangkap dan tidak sering kentut, maka untuk mencegah kentut anda harus memperhatikan asupan makanan. Sebaiknya pilih menu makanan dan minuman yang tidak terlalu banyak menyebabkan penumpukan gas dalam tubuh. Beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu kentut dan sebaiknya dihindari adalah makanan dengan pemanis buatan, susu dan minuman bersoda. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here