Sehat Fresh

Pencegahan Kesemutan pada Anak

www.kesehatanaz.com

SehatFresh.com – Kesemuatan tidak hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Kesemutan atau secara medis disebut parestesia  didefinisikan sebagai sensasi terbakar, geli, atau mati rasa yang biasanya terasa di tangan, lengan, tungkai, atau kaki. Kesemutan pada anak-anak biasanya tidak berbahaya, tapi itu bisa menjadi akibat dari sejumlah penyebab yang berbeda. Dalam beberapa kasus, kesemutan parah dan berkepanjangan mungkin merupakan tanda dari kondisi yang mendasari lebih serius, terutama jika kesemutan juga disertai dengan gejala lain.

Kesemutan yang sering dialami banyak orang umumnya bersifat sementara. Ini kerap terjadi ketika ada penempatan tekanan yang terlalu lama pada bagian tubuh, sehingga memotong suplai darah ke saraf di daerah tersebut. Sebagai dampaknya, saraf menjadi sulit mengirimkan sinyal penting untuk otak. Parestesia disebabkan oleh gangguan pada fungsi neuron di jalur sensorik. Gangguan ini dapat terjadi pada sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang), akar saraf yang melekat pada tulang belakang, atau sistem saraf perifer (saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang).

Menempatkan berat badan pada bagian tubuh tertentu seperti ketika berlutut, memakai sepatu atau kaus kaki ketat berpotensi menyebabkan kesemutan. Kesemutan sementara akibat hal semacam ini dapat mereda dengan melonggarkan tekanan pada daerah yang terkena guna memungkinkan suplai darah kembali berjalan normal. Dalam beberapa kasus, kesemutan bisa menjadi kondisi yang kronis.

Kesemutan kronis di kaki atau lengan selama periode waktu yang panjang umumnya menunjukkan beberapa tingkat kerusakan pada saraf. Ada sejumlah penyebab kesemutan yang kurang umum, yaitu:

Gejala lain mungkin menyertai parestesia, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gangguan saraf itu sendiri. Mengingat banyak kondisi medis serius yang mendasari kesemutan, maka kesemutan tidak boleh diremehkan. Kesemutan yang berlangsung lebih dari beberapa menit pelu segera diperiksakan agar dapat segera mendapat evaluasi medis lebih lanjut.

Bisakah kesemutan dicegah?

Belum diketahui secara pasti apakah kesemutan dapat dicegah atau tidak. Secara umum, mencegah gangguan yang mendasari dapat mengurangi timbulnya parestesia. Ini bisa dilakukan dengan mendorong anak untuk hidup sehat dan melakukan beberapa modifikasi gaya hidup untuk mencegah hambatan atau gangguan pada saraf, seperti dengan cara:

Exit mobile version