Perbedaan Kandungan Nutrisi Telur Bebek dan Telur Ayam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Telur merupakan salah satu sumber makanan yang merakyat. Sebab, hampir semua orang menyukai makanan dari telur. Terkecuali beberapa orang yang tidak mengonsumsi telur dikarenakan mereka memiliki reaksi alergi jika memakan telur, jadi mereka harus menghindarinya. Selain merakyat, telur juga salah satu makanan bernutrisi yang mudah didapatkan karena harganya yang masih dikategorikan murah.

Telur sendiri memiliki banyak macam. Seperti contohnya telur ayam dan telur bebek yang paling sering kita jumpai di meja makan. Keduanya sama-sama memiliki kandungan atau nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Tetapi, sebenarnya ada perbedaan nutrisi dari kedua macam telur tersebut. Perbedaan diantara telur bebek dan telur ayam meliputi:

  1. Kadar Protein

Tubuh membutuhkan protein sebagai sumber energi saat beraktivitas sehari-hari. Protein juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki dan mempertahankan bagian-bagian sel atau tubuh yang rusak. Telur menjadi salah satu sumber protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Perbedaan kandungan protein dari telur ayam dan telur bebek yang dapat diserap oleh tubuh berbeda. Kadar protein dari telur bebek lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam. Telur bebek mengandung protein sebanyak 9 gram protein, sedangkan telur ayam sebanyak 6 gram protein.

  1. Kandungan kalori

Seperti protein, kalori juga memiliki fungsi utama sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain fungsi tersebut, kalori memiliki manfaat lain bagi tubuh. Seperti mengontrol berat badan, menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh, mempengaruhi kesehatan tubuh, serta kondisi psikologis. Pada telur ayam terkandung sebanyak 71 kalori, sedangkan telur bebek mengandung 130 kalori.

  1. Kandungan lemak

Perbedaan kandungan lemak pada telur bebek dan telur ayam yaitu telur ayam mengandung 5 gram lemak, sedangkan pada telur bebek 10 gram lemak.

  1. Kandungan kolestrol

Kebanyakan orang mengangap bahwa kolestrol berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan penyakit. Kolestrol yang menyebabkan penyakit terjadi apabila kandungannya berlebihan dalam darah. Sebaliknya jika tidak berlebihan maka akan membantu tubuh dalam pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Anda dapat mendapatkan kolesterol dari telur bebk ataupun telur ayam. Telur bebek yang anda konsumsi akan mengandung 619 mg kolesterol dan telur ayam sebanyak 211 mg.

  1. Kandungan sodium atau natrium

Pada telur bebek terkandung sodium sebanyak 102 mg dan telur ayam memiliki sodium sebanyak 70 mg. Sodium atau Natrium ini juga berperan penting dalam mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi kerja otot jantung, serta mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti gangguan saraf. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here