Gejala Hipertensi pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hipertensi merupakan suatu penyakit dimana batas tekanan darah sistolik dan diastolik digunakan sebagai acuan untuk menentukan keadaan normal atau tidaknya tekanan darah seseorang. Menurut Joint National Comitee (JNC VII) penyakit hipertensi dapat dikatakan jika tekanan darah sistolik 140 mmHg atau lebih dan  diastolik 90 mmHg atau lebih (Chobaniam, 2003). Banyak faktor penyebab yang mengakibatkan terjadinya penyakit hipertensi diantaranya pola makan, gaya hidup, tingkat stres dan lain sebagainya. Untuk lebih mewaspadai terjadinya hal tersebut anda sebagai wanita perlu mewaspadai dan mengetahui beberapa tanda gejala terjadinya penyakit hipertensi.

Menurut Sutanto pada tahun 2009 menyatakan bahwa gejala terjadinya penyakit hipertensi yaitu pusing, merasa gelisah, merasa pegal dibagian tengkuk, wajah berwarna merah, mudah emosi, telinga berdengung, insomnia, sesak napas, mata berkunang-kunang atau pandangan kabur, merasa mudah lelah dan mimisan. Hal yang hampir serupa dijelaskan oleh Price pada tahun 2005 yang menyatakan bahwa tanda gejala terjadinya penyakit hipertensi yaitu penderita akan merasa sakit dibagian kepala, insomnia, merasa lemas, gelisah, sesak napas, kaku kuduk, berkeringat dan dada berdebar-debar.

Berikut ini uraian beberapa penjelasan gejala penyakit hipertensi yang dinyatakan oleh beberapa ahli diatas, diantaranya:

  1. Pandangan kabur

Apabila seorang wanita mengalami masalah penglihatan yang melihat sesuatu benda atau apa saja yang tidak jelas maka hal ini harus anda waspadai. Faktanya kondisi tersebut merupakan suatu tanda dan gejala terjadinya penyakit hipertensi pada wanita. Untuk mengantisipasi resiko yang lebih besar maka apabila anda mengalami hal ini sebaiknya anda harus segera pergi ke pelayanan kesehatan untuk memastikan kondisi tekanan darah anda agar segera mendapatkan penanganan.

  1. Sesak nafas

Apabila anda mengalami rasa sesak dibagian sistem pernafasan lebih tepatnya bagian organ bronkial maka hal tersebut merupakan suatu tanda bahwa anda mengalami gangguan kesehatan. Salah satu penyakit yang muncul jika anda mengalami gejala tersebut yaitu penyakit hipertensi atau darah tinggi. Gejala hipertensi ini harus segera mendapatkan penanganan yang cepat agar tidak lebih beresiko terhadap kesehatan organ tubuh lainnya.

  1. Sakit kepala atau pusing

Sakit kepala atau pusing jika terjadi sesaat merupakan bukanlah suatu hal yang mengkhawatirkan, akan tetapi apabila anda merasa pusing atau sakit kepala secara terus-menerus bisa saja hal tersebut salah satu gejala anda mengalami hipertensi. Jika pusing atau sakit kepala yang anda rasakan tidak terlalu parah alangkah baiknya jika anda atasi hal ini dengan istirahat yang cukup. Akan tetapi jika pusing atau sakit kepala sudah terasa berat maka sebaiknya anda harus memeriksakannya ke pelayanan kesehatan agar segera mendapatkan penanganan.

  1. Mual

Mual merupakan salah satu gejala terjadinya hipertensi pada wanita. Mual secara otomatis akan membuat makanan dan minuman akan sulit untuk di cerna oleh tubuh sehingga anda yang mengalami gejala ini akan merasa lemas karena kekurangan cairan atau ion.

  1. Hidung berdarah

Gejala hipertensi pada wanita diantaranya yaitu mimisan. Mimisan terjadi karena seseorang mengalami kecapean dalam melakukan aktivitas atau kegiatan. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena akan mengakibatkan anda kehilangan banyak darah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here