Makanan untuk Merangsang Gigi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Perkembangan anak memang sangat memerlukan perhatian dari para orangtua. Termasuk pada saat anak memasuki usia 4 sampai 9 bulan, pada fase ini gigi anak sudah mulai tumbuh. Ciri yang perlu diperhatikan oleh setiap orangtua saat anak memasuki usia tersebut diantaranya :

  • Air luir anak yang berlebih
  • Anak menjadi rewel dan mudah marah
  • Mengggit setiap benda di sekitarnya
  • Mogok makan
  • Demam

Bila anak mulai mengalami gejala diatas, cobalah beri makanan yang mengandung kalsium dan vitamin untuk membantu merangsang pertumbuhan dan memperkuat gigi anak. Berikut beberapa makanan yang bisa di jadikan MPASI yang juga membantu pertumbuhan gigi anak :

  • Ubi Merah

Ubi merah sangat cocok dijadikan MPASI karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Salah satu kandungan yang kadarnya cukup tinggi di dalam ubi merah adalah vitamin A.

Bukan hanya baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan menjaga kesehatan gusi. Ubi merah bisa dihaluskan untuk dijadikan bubur agar lebih ramah pada mulut anak.

  • Brokoli

Kebaikan sayuran yang satu ini memang tidak diragukan lagi. Brokoli mengandung kalsium yang sangat tinggi. Selain kalsium, brokoli juga mengandung bebagai macam mineral yang baik untuk pertumbuhan gigi anak. Juga vitamin C dengan dosis yang tinggi membantu menjaga kesehatan gusi agar tidak sensitif. Brokoli bisa dimasak dengan cara direbus, tapi tidak perlu membuatnya terlalu lunak agar anak dapat berlatih mengunyah.

  • Telur

Protein dalam telur mengandung banyak manfaat kebaikan untuk gigi anak, seperti fosfor. Dan dalam kuning telur mengandung vitamin D yang cukup tinggi yang pasti baik untuk pertumbuhan gigi anak.

  • Bubur kacang hijau

Nutrisi yang terdapat dalam bubur kacang hijau cukup banyak. Kalsium, zink, zat besi, dan fosfor baik untuk merangsang pertumbuhan gigi anak. Selain kandungan nutrisi yang sangat baik, tekstur bubur kacang hijau juga baik untuk membatu merangsang dan membiasakan bayi mengunyah.

  • Bubur buah

Buah yang memiliki rasa manis akan disukai olah anak-anak. Selain rasanya yang manis, buah juga memiliki banyak manfaat yang membantu pertumbuhan gigi. Buah jeruk atau apel yang kaya akan vitamin C membantu gigi pada anak cepat tumbuh. Buah bisa dihaluskan dengan di blender kemudian di saring agar teksturnya tidak terlalu kasar.

  • Ikan

Ikan memiliki kandungan omega 3 yang berguna meredakan peradangan gusi dan mencegah gusi membengkak dan memerah akibat bakteri. Ikan juga mengandung vitamin D yang bisa membantu menyerap kalisum lebih baik. Protein yang penting untuk pertumbuhan gigi dan membuat gigi menjadi kuat juga dimiliki ikan. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan mineral dan vitamin lain yang sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan gigi anak.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here