Dampak Terlalu Banyak Mengkonsumsi Protein

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebagai salah satu sumber tenaga untuk membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral. Namun jumlah protein yang diterima harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Lantas apa yang terjadi jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi protein?

Sumber makanan yang memiliki kandungan protein bisa didapatkan dari telur, daging, produk susu, ikan, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Protein juga dapat diperoleh dari sayur-sayuran. Protein diperlukan guna mengembangkan, sekaligus memelihara jaringan tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang sangat memerlukan protein seperti kulit, rambut, mata, otot tubuh, dan semua organ. Khusus bagi anak-anak yang masih menjalani masa pertumbuhan, sangat membutuhkan protein dalam jumlah yang lebih besar.

Selain memiliki manfaat, mengkonsumsi protein yang terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan berbagai resiko bagi tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul akibat kelebihan mengkonsumsi protein.

Pengkonsumsian protein yang berlebih dapat mengakibatkan berat badan yang meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika jumlah protein yang ideal dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Namun disatu sisi jika terlalu banyak mengkonsumsi protein, juga dapat mengakibatkan berat badan meningkat.

Pada 1 gram protein memiliki kandungan sekitar 4 kalori. Itu artinya jumlah kalori bisa mengalami peningkatan ketika mengkonsumsi protein yang berlebih. Oleh karena itu perlu dibatasi pengkonsumsian jumlah protein harian, sehingga sesuai dengan kadar kebutuhan tubuh.

Pengkonsumsian protein yang berlebih dapat merusak hati dan otak

Seseorang akibat kelebihan dalam mengkonsumsi protein, maka bisa saja mengakibatkan kerusakan pada organ hati dan otak. Hal tersebut terjadi karena saat seseorang yang mengkonsumsi protein, maka tubuh akan memproduksi racun yang diproses oleh hati.

Namun jika pengkonsumsian protein terlalu berlebihan, maka dapat mengakibatkan penumpukan racun di dalam hati. Racun yang terlalu banyak tersebut juga bisa mengganggu aliran darah yang ada di dalam tubuh. Jika terjadi kerusakan secara terus-menerus, maka fungsi otak dan hati menjadi tidak optimal.

Pengkonsumsian protein yang berlebih dapat meningkatkan kolesterol

Protein yang diperoleh dari hewan juga dapat menjadi makanan yang memliki kandungan kolesterol bagi tubuh. Kolesterol bisa mengakibatkan pengerasan arteri, sehingga menimbulkan resiko serangan penyakit jantung.

Oleh karena itu bagi seseorang yang sedang menjalani diet atau yang mengkonsumsi makanan yang berasal dari sumber protein hewani, maka harus tetap waspada terhadap resiko meningkatnya kolesterol. Pengkonsumsian protein yang berlebih dapat menyebabkan risiko kolesterol meningkat dari biasanya.

Demikian informasi mengenai dampak terlalu banyak mengkonsumsi protein bagi tubuh. Guna mendapatkan ukuran yang sesuai terkait asupan gizi sehari-hari, maka dianjurkan bagi seseorang untuk berkonsultasi pada ahli gizi.  (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here