Langkah Untuk Menenangkan Diri saat Terkena Serangan Panik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Serangan panik merupakan pengalaman yang menakutkan dan bisa jadi hal tersebut sangat mendadak, dimana Anda merasakan seolah terkena serangan jantung hingga kehilangan kendali. Kebanyakan dari orang dewasa mengalami 1 ataupun 2 kali serangan tersebut seumur hidupnya, akan tetapi banyak pula orang yang mengalami hal tersebut berulang kali.

Dan apabila seseorang mengalami serangan panik secara berulang, maka hal tersebut dapat diindikasikan dengan gangguan serangan panik. Serangan panik sendiri merupakan seruan dari rasa takut intens yang kedatangannya tiba-tiba tanpa disertai dengan alasan yang jelas dan dibarengi dengan perubahan fisik yang nyata, seperti denyut jantung yang berdegup kencang, napas yang memburu, dan berkeringat.

Jika anda mengalami hal serupa, maka lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membantu anda di kemudian hari jika mengalaminya;

  1. Bersegera Menangani Serangan

Tentunya jika hendak menangani sebuah gangguan, maka kita harus mengetahui gejalanya bukan? Gejala yang dapat dijadikan indikasi dari serangan panik diantaranya yaitu; rasa tak nyaman ataupun rasa nyeri di bagian dada, pusing dan lemah, takut mati, tiba-tiba kehilangan kendali dan muncul rasa takut jika terjadi hal buruk yang akan terjadi dengan dirinya, mual atau sakit perut, tersedak, mati rasa ataupun rasa kesemutan di bagian kaki maupun wajah, jantung yang berdetak kencang, gemetar hingga tubuh terguncang.

  1. Kontrol Pernapasan Anda

Kebanyakan daripada serangan panik akan memicu napas menjadi cepaat dan juga dangkal yang mana hal tersebut akan semakin memperkuat serangan, ingga gejala yang dirasakan juga semakin lama. Dengan mengontrol pernapasan, maka hal tersebut akan dapat membuat jantung menjadi normal kembali. Selain itu dengan mengontrol pernapasan, anda dapat memperlambat laju keringat, menurunkan tekanan darah, dan mengembalikan kendali diri anda.

  1. Menggunakan Obat-obatan yang telah Diresepkan

Salah satu metode yang efektif guna menghentikan efek dari serangan panik yaitu dengan menggunakan beberapa obat – obatan yang digolongkan dalam obat anti kecemasan yaitu benzodiazepine. Obat umum yang biasanya digunakan untuk mengobati serangan panik yang juga digolongkan sebagai benzodiazepine diantaranya yaitu alprazolam, lorazepam, dan juga diazepam.

  1. Cobalah untuk Melanjutkan Aktifitas Anda

Langkah yang keempat yang dapat anda lakukan saat serangan panik tersebut menyerang, yaitu adalah mencoba melanjutkan aktifitas seperti semula. Teruslah bergerak, berbicara, dan juga memfokuskan pikiran anda. Dengan hal ini, maka secara langsung otak akan mengirimkan pesan bahwa kepanikan yang anda alami tersebut tidaklah berbahaya.

5 Jangan Lari

Apabila anda tiba-tiba dilanda serangan panik di suatu tempat tertentu, maka cobalah untuk tenang, walaupun anda ingin segera lari dan meninggalkan toko tersebut. Cobalah tetap tenang dan mencari tempat bersandar yang nyaman untuk menenangkan diri anda. Itulah 5 hal yang dapat dilakukan guna menanggulangi serangan panik yang ada.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here