Makanan Sehat Untuk Ibu Baru Pertama Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu hal yang harus segera dilakukan seorang wanita yang baru pertama kali melahirkan adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat selain dapat membantu dalam pemulihan stamina, juga dapat berdampak positif pada ASI yang diminum adik bayi. Lantas makanan sehat apa yang layak dikonsumsi ibu yang baru melahirkan?

Mengkonsumsi Ikan salmon

Siapa sangka jika ikan salmon menjadi salah satu makanan terbaik bagi ibu menyusui. Dengan kandungan DHA, ikan salmon menjadi sumber gizi yang positif. DHA sendiri sangat bermanfaat untuk proses perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Mengkonsumsi produk susu yang rendah lemak

Produk susu yang bisa dikonsumsi ibu adalah yoghurt atau keju. Produk susu menjadi hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh pasca melahirkan. Selain mengandung vitamin dan protein, produk susu juga menjadi satu sumber kalsium yang cukup baik.

Mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak

Bila ibu sedang mencari makanan guna membantu dalam membangkitkan energi, maka cobalah daging tanpa lemak. Pasalnya kekurangan zat besi juga bisa mengganggu stamina, sehingga fisik ibu mudah lelah.

Mengkonsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan khususnya yang memiliki warna gelap, rupanya sangat baik bagi ibu yang baru melahirkan. Kacang-kacangan yang memiliki warna gelap seperti kacang hitam atau kacang merah. Tidak hanya kaya zat besi, namun juga kaya protein nabati yang baik bagi tubuh.

Mengkonsumsi buah blueberry

Ibu yang baru melahirkan dianjurkan mengkonsumsi minimal dua buah atau jus setap harinya. Buah yang bisa menjadi alternatif pilihan adalah blueberry, yang kaya akan antioksidan. Blueberry juga memiliki kandungan mineral, vitamin, dan karbohidrat yang dapat membantu kesehatan ibu.

Mengkonsumsi beras merah

Ibu yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan, maka bisa mengonsumsi beras merah. Pasalnya beras merah bisa membantu ibu dalam memenuhi kabohidrat yang sesuai dengan keadaan tubuh. Alhasil meski diet, namun energi tetap terpenuhi.

Mengkonsumsi buah jeruk

Selain blueberry, buah jeruk juga cocok dikonsumsi wanita yang baru saja melahirkan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk bisa membantu ibu dalam memenuhi nutrisi.

Mengkonsumsi telur

Ibu diajurkan untuk mengkonsumsi kuning telur karena salah satu sumber vitamin D. Selain itu vitamin D juga bagus untuk menjaga tulang bayi dalam proses pertumbuhan. Selain digoreng, telur juga bisa direbus sebagai salah satu menu makanan sehat.

Mengkonsumsi roti gandum

Asam folat memiliki manfaat untuk perkembangan bayi. Pastikan ibu mengkonsumsi roti gandum agar ASI yang dihasilkan memiliki kandungan asam folat.

Mengkonsumsi sayur-sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli memiliki manfaat bagi tubuh. Selain kaya vitamin A, sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin C dan zat besi. Selain itu antioksidan yang terdapat didalamnya juga baik bagi ibu yang baru melewati proses kelahiran. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here