Dampak Buruk Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Make-up merupakan kebutuhan paling penting bagi setiap wanita. Wanita selalu ingin tampil cantik dan mempercantik diri. Make-up pun harus dibersihkan hingga tuntas sebelum tidur agar tidak merusak wajah. Make-up yang tidak dibersihkan sebelum tidur tentu akan menimbulkan berbagai hal.

Dampak Makeup yang Tidak Dibersihkan Sebelum Tidur

Ada beberapa dampak yang ditimbulkan karena tidak membersihkan makeup sebagai berikut:

  • Kulit Kemerahan

Kebiasaan tidak menghapus make-up sebelum tidur dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kemerahan. Kulit kemerahan merupakan gejala iritasi kulit. Make-up juga akan menimbulkan adanya iritasi pada kulit sehingga muncul reaksi alergi serta menurunkan kelembapan kulit.

  • Kulit Kering

Apabila Anda tidak membersihkan make-up sebelum tidur, maka dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi 10 persen lebih buruk. Terlebih jika posisi tidur cenderung menghadap sebelah kanan, tentu area kulit sangat beresiko 20 persen menjadi lebih buruk dibanding pada area kulit di area kiri.

Kulit kering karena make-up ini membuat jumlah oksigen yang didapat dari lapisan kulit menjadi berkurang. Oksigen yang seharusnya masuk di area pori-pori kulit bisa jadi terhambat oleh lapisan make-up pada kulit sehingga sangat merugikan kulit.

Lapisan make-up yang menempel di area wajah dapat menghalangi proses regenerasi kulit sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih kusam.

  • Kulit Cepat Keriput atau Penuaan Dini

Wanita yang seringkali lupa membersihkan make-up di area wajahnya sebelum tidur, membuat kulit berubah menjadi lebih kering, elastisitas berkurang, dan lebih cepat kerutan di area wajah. Kulit yang kering bisa disebabkan oleh polutan yang menempel pada wajah sehingga terserang oleh radikal bebas.

Partikel kecil dapat menyebabkan adanya kerusakan di area struktur sel sehingga menyebabkan penurunan produksi kolagen. Kolagen ialah indikator untuk menjaga elastisitas kulit. Apabila kolagen menurun tentunya kulit wajah akan mudah berkerut, sehingga rasa percaya diri tentunya menjadi menurun.

  • Pori-Pori yang Semakin Membesar di Area Wajah

Pori-pori di area wajah saat tidur apabila masih ada lapisan make-up yang menempel cenderung 5 persen menjadi lebih besar dibandingkan dengan kondisi wajah yang bersih. Adanya penyumbatan di area wajah membuat pori-pori wajah menjadi lebih besar dan terlihat.

  • Terjadinya Iritasi

Banyak sekali produk make-up yang mengandung banyak bahan kimia, polusi dan debu. Wajah yang tidak segera dibersihkan, memunculkan rasa tidak nyaman seperti gatal, tumbuh jerawat, dan iritasi. Jumlah polutan lingkungan yang bercampur dengan make-up akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Iritasi akan membuat wajah menjadi lebih mudah terserang berbagai gangguan.

Demikian informasi mengenai dampak buruk karena tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here