Hal-hal yang Menjadi Gangguan Tidur pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidur merupakan kebutuhan yang paling penting bagi pertumbuhan anak. Ketika anak sudah tidur, maka energinya bisa kembali lagi, dan tubuhnya pun sehat. Beberapa anak pun menganggap bahwa tidur merupakan kebiasaan yang membosankan juga.

Penyebab Anak Susah Tidur

  • Anak Tidur Tidak Bersama Orangtua

Anak yang tidur tidak bersama orangtua biasanya akan rewel dan tidak bisa tidur hingga larut malam. Anak seringkali takut di tempat tidur jika tanpa ditemani orang tua. Hal ini terjadi karena pada usia anak-anak, mereka belum bisa menangani emosi dengan baik. Anak yang ketakutan saat tidur, seringkali mengalami mimpi buruk atau persoalan emosional.

Ada baiknya orangtua menghias kamar anak dengan berbagai macam yang disukai anak-anak. Kamar tidur yang nyaman tentunya bisa mengurangi ketakutan pada anak.

  • Mimpi Buruk Pada Anak

Anak biasa mengalami mimpi buruk sehingga selalu merasa takut saat tidur. Mimpi buruk juga bisa disebabkan karena anak menonton film seram atau membaca cerita menakutkan sebelum tidur. Anda bisa merekomendasikan film atau buku cerita yang tidak menakutkan pada anak.

Ada baiknya orangtua mengajak anak untuk memikirkan berbagai cerita yang menyenangkan sebelum anak tidur,.

  • Tidur Diwaktu yang Salah

Orangtua seringkali menyuruh anaknya agar tidur di waktu yang masih terlalu dini, sehingga sebenarnya anak belum siap untuk tidur. Tentunya hal ini membuat tubuh anak belum mengeluarkan hormon melatonin sehingga sulit tertidur. Anak di suruh tidur terlalu cepat, akan merasa bosan dan takut.

  • Pempers Anak Menjadi Penuh

Banyak anak yang mengeluh tidak bisa tidur, rewel, dan justru menangis. Ternyata anak tidak bisa mengatakan bahwa ternyata pempersnya penuh. pempers yang penuh membuat anak tidak nyaman dan merasa ingin marah.

  • Tidur Sambil Menonton Televisi

Banyak anak yang menonton televisi terlalu sering yaitu pada siang dan malam hari, sehingga mengalami gangguan saat tidur. Gangguan yang timbul ialah seperti kecemasan dan penolakan saat tidur. Usut punya usut ternyata anak dibiarkan saja menonton televisi di kamarnya sehingga tidak mau tidur.

Anak yang menonton televisi untuk dewasa juga akan menimbulkan adanya gangguan tidur pada anak. Selain televisi, ada banyak hal lain yang membuat anak tidak bisa tidur seperti komputer, video game, dan handphone.

  • Anak Mengalami Stres

Anak bisa jadi sulit tidur karena disebabkan oleh stres dan kecemasan. Stres meningkatkan hormon stres dalam tubuh, sehingga anak sulit tidur. Stres bisa terjadi karena ujian sekolah dan aktivitas yang dilakukan.

  • Tidur Siang yang Terlalu Lama

Anak bisa mengalami gangguan tidur saat malam hari karena terlalu lama tidur siang. Tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu waktu tidur. Anak bisa tidur siang ketika masih waktu pukul 12.00 hingga 14.00, sebab jika tidur pada waktu siang menjelang sore, tentu anak akan mengalami masalah tidur.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here