Hal yang Menyebabkan Bayi Menolak ASI

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat bayi lapar biasanya dia akan mudah menerima ASI, karena hanya ASI yang bisa memenuhi nutrisinya. Tapi ada beberapa bayi yang justru menolak untuk diberi ASI, bayi yang menolak ASI akan menunjukkan tanda seperti melengkungkan punggungnya, menjerit dan mendorong dengan sengit puting yang didekatkan oleh ibunya.

Bayi menolak ASI pasti ada alasan atau penyebabnya, tapi akan sulit mengetahui penyebab pasti dari hal tersebut karena bayi belum bisa mengungkapkan langsung alasan tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa penyebab umum yang membuat bayi anda menolak ASI dan dapat anda ketahui seperti berikut ini:

  1. Merasa ada ketidaknyamanan

Beberapa keadaan membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya sulit minum ASI atau bahkan menolaknya. Keadaan tersebut seperti tumbuh gigi, sariawan, infeksi pada telinga dan paska melakukan imunisasi. Hal-hal tersebut akan menimbulkan rasa nyeri sehingga tidak nyaman dan tidak mau menyusu ibunya.

  1. Bayi sakit

Bayi yang sedang sakit juga akan sulit diberi ASI. Seperti jika bayi pilek maka akan membuat hidungnya tersumbat dan dapat membuat bayi sulit untuk bernafas selama proses menyusui. Sehingga si kecil memilih untuk tidak menyusu.

  1. Stres

Ibu yang sibuk seringkali menunda memberikan ASI pada anaknya walaupun ia sudah lapar. Hal itu memberi tekanan pada bayi dan merasa stress. Karena pengalaman itu bayi jadi sulit dan rewel saat diberi ASI di waktu selanjutnya.

  1. Aroma yang berbeda

ASI dapat memiliki bau yang berbeda karena beberapa hal seperti parfum yang anda pakai, dan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu bayi merasa ada yang berbeda dari ASI anda daripada sebelumnya. Si kecil merasa asing dengan bau tersebut sehinga menolak diberi ASI.

  1. Produksi ASI berkurang

ASI akan terus berproduksi jika sering diminum langsung oleh bayi. Namun jika anda memiliki kebiasaan memberi susu pendamping seperti susu formula dan lain sebagainya, maka akan memicu berkurangnya produksi ASI dan bayi akan kesulitan mendapatkan ASI dari anda hingga ia tak kunjung mendapatkan ASI sehingga lebih baik menolak untuk anda berikan ASI.

  1. Bayi mengantuk

Merasa ngantuk akan membuat bayi menolak apapun yang anda berikan salah satunya ASI. Bayi yang mengantuk merasa lelah dan ingin istirahat jadi tidak mau menyusu.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan si kecil menolak ASI. Agar bayi mau menyusui kembali sebaiknya anda hindari hal-hal yang tersebut di atas. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here