Anxiety Disorder Dapat Dialami Juga Oleh Anak Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kecemasan tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja. Akan tetapi kecemasan juga dapat dirasakan oleh seorang anak maupun pada remaja. Di masa tertentu kecemasan adalah sebuah hal normal hingga menjadi sebuah ancaman dan membahayakan.

Kecemasan yang dialami oleh seorang anak biasanya merupakan reaksi seperti ketakutan terhadap gelap, keterpisahan dengan orang terdekat (khususnya orang tua) dan lingkungan yang baru. Sedangkan kecemasan yang dialami oleh remaja biasanya disebabkan oleh karena hadirnya perubahan di dalam hidupnya ataupun tekanan yang berlebih. Tekanan tersebut bisa seperti memasuki suasana sekolah yang baru, target dan juga tuntutan dari tugas sekolah yang begitu berat, jadwal yang padat dan adaya perasaan malu terhadap lingkungan maupun penampilan yang buruk baik itu secara fisik ataupun presentasi. Prestasi pun terkadang membuat seorang remaja merasakan kecemasan.

Fakta yang ada di Amerika bahwasanya sekitar 9 sampai dengan 15 persen remaja dan anak mengalami gejala kecemasan yang sampai dengan tahap mengganggu kegiatan maupun rutinitas keseharian.

Seorang remaja yang mengalami gejala gangguan kecemasan ini bisasanya beresiko untuk mengalami underachievement di lingkungan sekolahnya yakni tak adanya motivasi untuk berprestasi, merasa tak berharga, dan juga permasalahan dengan kejiwaan kepada orang dewasa, terutama berkaitan dengan hal depresi dan gangguan kecemasan.

Pada saat strategi dari pemecahan masalah gagal untuk dilakukan oleh remaja, dan kecemasan yang terjadi tersebut menjadi hal yang cukup berat untuk ditangani, maka ia akan menyebabkan keadaan makin sulit dalam diri remaja. Keadaan yang sulit inilah yang dapat berpengaruh pada rutinitas mereka baik itu di sekolah maupun aktivitas keseharian dan hubungan dengan teman-temannya. Kondisi inilah yang selanjutnya dinamakan dengan anxiety disorder.

Anxiety disorder merupakan gangguan kecemasan yang umumnya merupakan sebuah keadaan yang dialami seseorang hingga menimbulkan perasaan cemas dan juga khawatir secara berlebihan dalam rentang waktu yang cukup lama Kecemasan ini terjadi sebagai akibat dari situasi dan kondisi, termasuk di dalamnya adalah ketakutan yang sangat besar terhadap suatu kondisi, yang kemudian ia dikenal dengan sebutan gangguan kecemasan umum.

Ciri-ciri Remaja dengan Perilaku Gangguan kecemasan

Fisik: tiba-tiba sakit perut, berkeringan, sesak di dada, gemetar, gelisah, hingga sakit kepala.

Perilaku: Menghindar, gangguan tidur atau kesulitan tidur. Kekhawaitran yang berlebihan.

Penanganan

Penanganan yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya, yaitu dukungan orang terdekat. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah dengan berkomunikasi secara langsung menanyakan penyebab dan memberikan rasionalisasi atas kecemasan yang dialami.

Sampaikan pula bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut, berilah ia cara menurut pengalaman anda yang sudah lebih dahulu pernah mengalami kecemasan serupa. Jika segala hal sudah dilakukan maka langkah selanjutnya gangguan kecemasan ini juga dapat langsung kepada ahlinya seperti para psikolog.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here