Makanan yang Harus Dihindari saat Kondisi Perut Kosong

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rupanya tidak semua makanan dapat langsung dikonsumsi ketika kondisi perut dalam keadaan kosong. Pasalnya jika salah mengkonsumsi makanan, justru akan mengakibatkan sakit perut. Lantas makanan apa saja yang harus dihindari saat kondisi perut dalam keadaan kosong?

Hindari mengkonsumsi yogurt atau produk hasil fermentasi yang lain

Ketika perut dalam keadaan kosong, sebaiknya seseorang menghindari yogurt dan produk fermentasi yang lain. Rasa asam yang muncul pada yogurt dapat membentuk asam klorida di dalam tubuh. Hal tersebut kemudian akan membunuh asam laktat yang terdapat pada produk yogurt, sehingga bisa mengakibatkan keasaman.

Perut yang mengalami keasaman dapat merusak usus dan lambung. Dua organ tersebut tidak mampu langsung mencerna makanan asam ketika perut sedang dalam kondisi kosong. Gangguan perut yang bisa muncul seperti nyeri atau justru sakit yang teramat sangat.

Hindari mengkonsumsi pisang

Pisang meski dikenal cukup bagus untuk pencernaan, tapi kandungan potasium dan magnesium yang tinggi dapat mengakibatkan ketidakseimbangan senyawa nutrisi di dalam darah apabila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengkonsumsi pisang dalam keadaan perut kosong, agar terhindar dari sakit perut.

Hindari mengkonsumsi tomat

Tomat memang dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Meskipun kaya nutrisi, namun hindarilah mengkonsumsi tomat ketika perut dalam keadaan kosong. Pasalnya asam tannic yang terdapat pada tomat dapat menyebabkan keasaman perut.

Hindari mengkonsumsi kopi

Menikmati kopi ketika perut masih dalam keadaan kosong dapat mengakibatkan keasaman pada perut. Hal tersebut akan menyebabkan sekresi asam klorida di dalam sistem pencernaan, sehingga membuat iritasi lambung.

Hindari mengkonsumsi sayuran mentah

Seseorang yang menjalani diet ketat, terkadang suka mengonsumsi sayuran mentah. Hanya saja sayuran mentah yang dijadikan salad tersebut bukanlah makanan yang baik untuk dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Selain mengandung serat kasar, sayuran mentah juga dapat mengakibatkan perut kembung.

Hindari buah yang mempunyai rasa asam

Seperti yang diketahui jika perut kosong tidak dapat langsung menerima makanan yang mengandung asam tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan tingkat keasaman pada lambung menjadi naik. Seseorang dianjurkan untuk menghindari buah yang memiliki kandungan asam tinggi, ketika perut dalam keadaan kosong.

Hindari minuman dingin

Banyak pihak yang berpendapat bahwa meminum air putih setelah bangun tidur merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan setiap orang. Namun air putih yang paling bagus yakni bersuhu hangat dan semakin baik apabila ditambah dengan madu.

Hanya saja kebanyakan dari masyarakat lebih memilih air putih dingin untuk dikonsumsi setelah bangun pagi. Padahal minum air dingin ketika perut masih dalam keadaan kosong bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Alhasil hindari air dingin ketika perut masih dalam keadaan kosong. (APY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here