Pembersih Kewanitaan Dari Bahan Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagian tubuh yang cukup penting dan harus dijaga kebersihannya adalah area vagina. Menjaganya tetap bersih menjadi penting agar tidak menimbulkan berbagai penyakit akibat adanya bakteri dan virus.

Pada dasarnya vagina apat menjaga kebersihan dengan mempertahankan keseimbangan pH di daerahnya tanpa anda bantu untuk menjaga kebersihannya. Namun, karena kebiasaan wanita yang tidak diketahui mampu menganggu keseimbangan tersebut, maka anda juga perlu menjaga kebersihan vagina.

Beberapa faktor yang dapat menganggu keseimbangan dalam vagina yaitu saat wanita mengalami menstruasi maka pH sekitar vagina menjadi tidak seimbang, selain itu berhubungan intim juga dapat menganggu keseimbangan pH dalam vagina. Oleh karena itu dibutuhkan pembersih kewanitaan atau vagina agar keseimbangan pH dalam vagina tetap terjaga dan juga tetap dalam keadaan sehat.

Menyeimbangkan Ph pada area kewanitaan memang cukup sulit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pembersih kewanitan yang terbuat dari bahan alami. Bahan alami lebih baik karena identik dengan tidak ada dampak negatifnya. Berikut pembersih kewanitaan dari bahan alami yang dapat anda gunakan:

  1. Witch hazel dan Air mawar

Membuat atau menggunakan pembersih kewanitaan dengan witch hazel dan air mawar juga ampuh untuk menjaga kebersihan area kewanitaan anda. Witch hazel memiliki kandungan berupa tanin dan antioksidan yang dapat mengurangi pembekakan dan melawan bakteri penyebab infeksi. Sedangkan air mawar sebagai pelembab yang mampu menutup pori-pori dan menenangkan jika terjadi peradangan.

  1. Daun sirih

Daun sirih memang dari dulu sudah identik dengan kekuatannya yang mampu membersihkan area kewanitaan. daun sirih dapat dijadikan sebagai pembersih kewanitaan karena memiliki kandungan zat antiseptik, antijamur dan antibakteri yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan dan menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan anda.

  1. Kemangi

Bahan alami lainya yang dapat digunakan sebagai pembersih alami daerah kewanitaan yaitu kemangi. Kemangi mengandung euganol yang dapat melawan dan membunuh kuman dan jamur yang merugikan. Kemangi juga memberikan aroma wangi karena kandungan minyak atsiri dalam kemangi. Dalam menggunakan kemangi untuk pembersih kewanitaan tidak diaplikasikan secara langsung pada area kewanitaan, melainkan dengan mengonsumsinya secara rutin baik sebagai lalapan atau campuran masakan.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal sangat bermanfaat dalam bidang kecantikan. Ternyata lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pembersih kewanitaan. Lidah buaya memiliki kandungan yang sam dengan kemangi yaitu euganol yang mampu membunuh kuman dan bakteri. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here